Apa itu Tabung Wakaf?

Foto: Unsplash

TABUNG WAKAF – Banyak yang bertanya apa itu Tabung Wakaf. Banyak dari mereka yang mengira Tabung Wakaf ini sifatnya sama seperti menabung di bank. Kemudian, apa sih Tabung Wakaf ini?

Tabung Wakaf ini merupakan branding yang melekat untuk Wakaf dari Yayasan Dompet Dhuafa. Dulu, Wakaf Dompet Dhuafa ini salah satu organ dari Dompet Dhuafa yang berdiri pada 14 Juli 2005 dengan nama Tabung Wakaf Indonesia. Jadi, wajar saja jika semua media komunikasi menggunakan nama Tabung Wakaf dan Tabung Wakaf Indonesia.

Herman Budianto, Direktur pertama Tabung Wakaf Indonesia mengungkapkan sejarah penamaannya. “Tabung Wakaf Indonesia awalnya memang ingin seperti bank wakaf, (dan) seperti Social Invesment Bank Ltd (SIBL) di Bangladesh,” jelasnya (14/2).

Namun, hal tersebut tidak terwujud karena terkendala izin. Maka, Tabung Wakaf Indonesia akhirnya menjadi nadzhir wakaf secara umum yang melakukan penghimpunan dana wakaf (fundraising) dan pengelolaan wakaf.

Filosofinya (nama Tabung Wakaf Indonesia) diubah menjadi penghimpunan wakaf umat untuk disalurkan,” kata Herman saat ditanya mengapa tetap menggunakan nama Tabung Wakaf Indonesia.

Baca juga:

Jika Bisa Lebih, Mengapa Hanya Berwakaf Sekali?

Indonesia Wakaf Summit 2019

Nama Tabung Wakaf Indonesia memang kadung digunakan. Namun, amanah senantiasa dijalankan. Hingga kini, sudah ada 58 aset yang dikelola oleh Wakaf Dompet Dhuafa, dan enam project wakaf yang sedang berjalan.

Donatur wakaf juga bertumbuh setiap tahunnya. Data yang diperoleh dari Customer Care Dompet Dhuafa, donatur wakaf Dompet Dhuafa meningkat menjadi 4.066 donatur pada tahun 2018, dari tahun 2017 yang berjumlah 3.450.

Jika diartikan dari nama Tabung Wakaf Indonesia memang akan multi tafsir. Tapi, sekarang Sahabat sudah mengetahui sejarah dari nama Tabung Wakaf Indonesia, kan? Jadi tidak bingung lagi dengan semua media komunikasi wakaf Dompet Dhuafa yang dinamai Tabung Wakaf dan Tabung Wakaf Indonesia.

Herman Budianto menjelaskan, Tabung Wakaf Indonesia sistemnya sangat berbeda dengan menabung di bank. Hingga kini, Tabung Wakaf Indonesia yang lebur jadi satu bersama Dompet Dhuafa Filantropi tetap menjadi wadah untuk mengumpulkan dana wakaf umat untuk selanjutnya dikelola dengan prinsip wakaf produktif dan wakaf sosial. (Tabung Wakaf/Mutia Rabbani Hanifah)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Facebook

Instagram