Belajar Menuntut Diri Sendiri

Sahabat, sungguh banyak orang yang hobi menuntut orang lain, terutama jika melakukan sesuatu tak sesuai dengan ekpektasinya, akan tetapi berapa banyak orang yang pandai menuntut dirinya sendiri? Padahal menuntut orang lain tidak menunjukkan kehebatan apapun, sedangkan kepandaian menuntut diri sendiri selama tidak berlebihan bisa memperlihatkan kendali kita pada diri sendiri.

Sahabat, tahukah hal apa sajakah yang perlu kita tuntut dari diri sendiri?

 

1. Mengubah Nasib Buruk dengan Upaya Sendiri

Menyalahkan nasib, menyalahkan orang lain, bahkan menyalahkan Tuhan adalah hal yang amat mudah. Akan tetapi tak mengubah apapun selain membuat diri kita makin menjadi sosok yang menyedihkan. Oleh sebab itu, kita perlu menuntut diri sendiri untuk keluar dari nasib buruk yang menimpa, karena hanya cara itulah yang dapat mengubah kondisi.

Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum kecuali kaum itu sendiri yang mengubah apa apa yang pada diri mereka.” (QS. Ar Ra’ad : 11).

 

2. Membuat Perhitungan pada Amalan yang Telah Dilakukan

Tuntutlah diri untuk melakukan amalan-amalan akhirat yang banyak setiap harinya. Jika tidak demikian, maka penghisaban di hari kiamat nanti akan amat sulit kita hadapi.

Hisablah diri kalian sebelum kalian dihisab oleh Allah SWT kelak. Bersiaplah menghadapi Hari Perhitungan yang amat dahsyat. Sesungguhnya hisab pada Hari Kiamat akan terasa ringan bagi orang yang selalu menghisab dirinya ketika di dunia.”  (Lihat Al-Mubarakfuri, Tuhfah al-Ahwadzi bi Syarh Jami’ at-Tirmidzi).

 

Sahabat, sudahkah kita belajar menuntut diri sendiri dan mengurangi kebiasaan menuntut orang lain apalagi menuntut Allah? Semoga dengan demikian akan meringankan tuntutan kita kelak di hadapan Hakim Semesta Alam.(SH)

 

Wakaf Sekarang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Facebook

Instagram