Dompet Dhuafa Ajak Mahasiswa UPN Veteran Jakarta Keliling Zona Madina

Dompet Dhuafa ajak mahasiswa UPN Veteran Jakarta keliling Zona Madina Dompet Dhuafa di Parung, Bogor (30/9), lima dari salah satu yang dikunjungi yakni Sentra Budidaya Ternak. (Zona Madina: Akhmad)

TABUNG WAKAF – Dompet Dhuafa menyambut kedatangan 121 mahasiswa UPN Veteran Jakarta untuk berbagi ilmu mengenai wakaf di Aula Al-Insan Dompet Dhuafa Pendidikan, Parung, Bogor (30/9). Ini merupakan kunjungan pertama UPN Veteran Jakarta sebagai salah satu edukasi untuk mahasiswa Ekonomi Syariah.

Supervisor Corporate Partnership Wakaf Dompet Dhuafa, Zaini Tafrikhan, mengisi acara dengan sharing session mengenai wakaf dan pengelolaannya di Dompet Dhuafa. Ia memberikan materi sembari perkenalkan gerakan berwakaf terbaru dari Dompet Dhuafa yakni Wake Up! Wakaf.

Di hadapan mahasiswa UPN Veteran Jakarta semester 3 dan 5 itu, ia bertanya “Adakah yang tahu Wakaf,?”. Dari jumlah mahasiswa yang ada, terlihat beberapa mahasiswa mengangkat tangan sebagai tanda paham wakaf.

Melihat hal tersebut, kedatangan UPN Veteran Jakarta untuk mengetahui pengelolaan Zakat, Infak, Sedekah, dan Wakaf (ZISWAF) Dompet Dhuafa sangatlah tepat. Mahasiswa tidak hanya dipaparkan mengenai wakaf, aset wakaf, dan pengelolaannya. Mereka berkesempatan mendengarkan sosialisasi program langsung dari perwakilan masing-masing aset wakaf.

Beberapa program aset wakaf yang disosialisasikan langsung antara lain Dompet Dhuafa Pendidikan, Zona Madina, dan RS Rumah Sehat Terpadu. Tidak lengkap hanya dengan slide presentasi, Dompet Dhuafa mengajak mereka untuk safari di beberapa titik lokasi pemberdayaan ZISWAF Dompet Dhuafa. Mahasiswa dibagi dalam lima kelompok yang kunjungannya berlokasi di RS Rumah Sehat Terpadu Dompet Dhuafa, Sentra Budidaya Ikan Hias, Sentra Budidaya Ternak, Sentra Kerajianan Pandai Besi (Golok) dan Spot Pembelajaran Kampung Inggris.

Mahasiswa dari kampus bela negara ini juga merasakan salat ashar berjamaah di masjid berbasis wakaf Dompet Dhuafa, Masjid Al-Madinah. Kemudian mereka diajak untuk bermain panahan di D’ Jampang yang tepat berada di sisi kanan masjid.

Kegiatan ini sangat diapresiasi oleh UPN Veteran Jakarta sejak awal. Hingga Program Studi (Prodi) Ekonomi Syariah UPN Veteran Jakarta mempersiapkan dana senilai 3 juta rupiah untuk diwakafkan. Pengganti kelas kuliah selama satu hari di Zona Madina juga mendapat sambutan yang sangat baik dari mahasiswa.

Hari ini bergitu luar biasa. Kami semua belajar tentang program-program Dompet Dhuafa. Beneran naik odong-odong (ke lokasi Sentra Budidaya Ikan Hias), belajar tentang hewan ternak, belajar juga hukum syariah jual kotoran, dan lain-lain,” kata Dita, salah satu mahasiswa Prodi Ekonomi Syariah UPN Veteran Jakarta. (Zona Madina/Tabung Wakaf/Mutia Rabbani Hanifah)

Wakaf Sekarang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Facebook

Instagram