Janji Allah untuk Umatnya yang Berpuasa

Ilustrasi Foto: Pixabay

Siapa yang hari ini berpuasa sunnah atau wajib (puasa qada ramadhan)? Sahabat, tahukah bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wassalam jelas menyatakan puasa berbeda dengan amalan lainnya, dan bahkan tak ada satu pun amalan yang dapat menyamai ibadah puasa.

Hendaklah kalian berpuasa, karena tidak ada yang menyamainya,

(HR. An Nasa’i)

Apa sebenarnya hal-hal yang membedakan puasa dengan amal ibadah lain? Berikut ini beberapa hal yang perlu kita ketahui mengenai keunggulan ibadah puasa:

 

1. Pintu khusus di surga bagi orang-orang yang gemar berpuasa

Ilustrasi Foto: Pixabay

 

Ingin masuk surga tanpa menunggu lama? Puasa juga tidak mengeluarkan harta sama sekali.

Sesungguhnya surga mempunyai suatu pintu yang dinamakan “Rayyan”. Pada hari kiamat nanti pintu tersebut akan berseru kepada orang-orang yang telah berpuasa untuk memasuki surga melalui pintu itu. Setelah semuanya masuk, ditutuplah pintu itu,” (HR. Bukhari-Muslim)

Ternyata memang di surga ada pintu khusus bagi orang-orang yang gemar melaksanakan shaum semata-mata untuk Allah, baik di bulan Ramadhan maupun di bulan selainnya, namanya adalah ‘Rayyan‘.

Tidak ada yang dapat memasuki surga melalui pintu ‘Rayyan‘ ini selain mereka yang senantiasa berpuasa. Ini adalah bentuk kehormatan dari Allah untuk hamba-Nya yang gemar menahan lapar haus dan syahwatnya.

 

2. Allah langsung yang menentukan ganjaran orang berpuasa

Ilustrasi Foto: Pixabay

Berbeda dengan amal ibadah lainnya, khusus untuk puasa, Allah langsung yang memiliki wewenang untuk mengganjar balasannya.

Orang berpuasa meninggalkan makanannya, minumannya, dan syahwatnya karena Aku, Puasa itu milik-Ku, dan Akulah yang akan memberinya balasan,

(Hadits Qudsi)

Maksud lainnya dari hadits qudsi tersebut adalah bahwasanya puasa merupakan amalan yang terjauh dari riya’, karena hanya Allah dan diri pelakunya sendiri yang tahu sebaik apa kualitas puasa yang dilakukan.

 

3. Pahala puasa bisa tak terbatas

Jika amal ibadah lain diberikan pahala mulai dari sepuluh kali hingga tujuh ratus kali lipat, maka puasa bisa memperoleh ganjaran jauh melebihi jumlah tersebut, yakni unlimited, borderless, tak terbatas.

Semua amal Bani Adam akan dilipat gandakan kebaikan sepuluh kali sampai tujuh ratus kali lipat. Allah Azza Wa Jalla berfirman, ‘Kecuali puasa, maka ia untuk-Ku dan Aku yang akan memberikan pahalanya, yakni Aku akan memberikan pahala yang banyak tanpa menentukan kadarnya. Hal ini seperti firman Allah Ta’ala, “Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah Yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas,

(QS. Az-Zumar: 10) (HR. Muslim)

 

4. Amalan yang tidak ada bandingannya dan amat dianjurkan oleh Rasulullah

Ilustrasi Foto: Pixabay

Saya pernah mendatangi Rasulullah seraya aku berkata, Ya Rasulullah, perintahkanlah aku suatu amal, yang membawa aku masuk syurga.

Rasulullah bersabda, “Hendaklah engkau berpuasa, karena puasa itu tiada bandingannya. Kemudian, saya datangi kedua kalinya, beliau bersabda lagi:  Hendaklah engkau ber­puasa.” (HR. Ahmad, Nasa’i, Hakim)

 

5. Hal yang dibenci manusia saat berpuasa, ternyata amat disukai oleh Allah

Ilustrasi Foto: Pixabay

Apa yang biasanya tidak disukai dari orang berpuasa? Salah satunya adalah bau mulut.

Bau mulut sering terjadi ketika kita sedang berpuasa dikarenakan saat tengah berpuasa, produksi air liur dalam mulut dan saluran pencernaan berkurang, hal ini bisa menyebabkan mulut menjadi lebih kering dan rentan bakteri yang menyebabkan bau.

Akan tetapi uniknya, Allah justru menyukai bau mulut orang yang sedang berpuasa, sekalipun banyak manusia yang membenci bau mulut tersebut.

Demi diri Muhammad di tangan-Nya, sesungguhnya bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah daripada bau minyak wangi (kasturi).” (HR. Abu Dawud)

Sahabat, demikianlah keunggulan amalan puasa dibanding amal ibadah lainnya. Semoga memotivasi kita untuk beribadah puasa dengan lebih optimal baik saat Ramadhan maupun di luar Ramadhan. (SH)

 

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *