Ruko Untuk Umat

Potensi wakaf di Indonesia amatlah tinggi. Sayangnya, paradigma masyarakat umum belum terbuka lebar akan hal ini. Ketika orang berbicara wakaf, maka yang terlintas adalah tanah yang diperuntukkan bagi kuburan, masjid atau pesantren. Harta yang sifatnya tidak bergerak dan sulit untuk diberdayakan. Itulah asumsi orang ketika membahas wakaf. Mungkin awalnya salah satu diantara kita sependapat dengan hal tersebut, bukan?

Masyarakat Indonesia perlu mulai memikirkan pemberdayaan wakaf menjadi produktif mengingat jumlah aset yang sangat melimpah. Sebuah studi pada 2006 yang dilakukan oleh Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah menegaskan tentang potensi wakaf yang sangat besar ini. Unit wakaf yang telah terdata ada sekitar 363 ribu bidang tanah yang apabila dinominalkan mencapai Rp 590 triliun. Dengan memproduktifkan aset wakaf ini berarti menegaskan pengelolaan terhadap aset wakaf agar bisa menghasilkan kemaslahatan dan kemanfaatan bagi masyarakat.

Alhamdulillah, Tabung Wakaf Indonesia (TWI) hadir dengan upaya menjawab peningkatan pengelolaan aset wakaf di Indonesia. Dengan program yang terus lahir secara kreatif dan innovative, TWI berupaya mengoptimalkan pengelolaan potensi wakaf di Indonesia. Setelah program “Pembangunan Rumah Sewa” yang bertujuan membangun hunian sewa yang nyaman dan Islami bagi masyarakat menengah ke bawah yang membutuhkan hunian, kini TWI menginisiasi pembangunan ‘Ruko Untuk Umat’. Program ini masuk dalam kategori wakaf properti, dimana ruko-ruko ini akan disewakan untuk kegiatan bisnis masyarakat dan biaya sewanya yang akan disalurkan untuk pemberdayaan umat.

Lahirnya program wakaf ruko produktif ini diharapkan dapat membantu kalangan masyarakat dengan modal bisnis terbatas dan belum mampu membeli tempat usaha. TWI juga berharap program ini memberikan kenyamanan usaha mengingat kepastian terhindar dari praktik peningkatan biaya sewa yang semena-mena. Selain itu, hasil pendapatan dari biaya sewa tersebut akan disalurkan untuk kesehatan, pendidikan, dan pemberdayaan dhuafa. Karenanya, pas lah jika manfaat dari program ini sesuai dengan nama programnya sendiri, yaitu ‘Ruko Untuk Umat’.

Jadi, mengapa perlu menunda wakaf Anda untuk mendukung program Ruko untuk Umat?. [feb]