200 Warga Terlibat dalam Aksi Layanan Sehat Gratis di NTT

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Aksi Layanan Sehat gratis di Kampung Ronting, Desa Satar Kampas, Kecamatan Lamba Leda, Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur melibatkan 200 warga setempat (14/2). (Foto: Dompet Dhuafa)

Tabung Wakaf-Aksi Layanan Sehat (ALS) yang kedua kali di Kampung Ronting, Nusa Tenggara Timur (NTT), dihadiri 200 warga setempat (14/2).

Layanan Kesehatan Cuma-cuma (LKC) NTT melaksanakan gelaran Aksi Layanan Sehat di Kampung Ronting, Desa Satar Kampas, Kecamatan Lamba Leda, Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur.

200 jiwa turut mengikuti rangkaian ALS di daerah pesisir dan terluar tersebut. Banyak warga yang menempuh perjalanan sejauh 8 km, lebih dekat jaraknya daripada Puskesmas dan Rumah Sakit di sana.

Dari rumah menuju Puskesmas puluhan kilo, terlebih Rumah Sakit“, ujar Lukman Nurhakim, yang mengantar Kakeknya karena stroke ke ALS.

Lukman merasa puas dan terbantu dengan adanya ALS di Ronting. LKC NTT bukan hanya berikan resep obat, tapi juga mendapatkan arahan untuk penanganan selanjutnya.

Baca juga

Gerai Sehat Madiun, Layanan Kesehatan Pertama Dompet Dhuafa di Jawa Timur

Pertama di Indonesia, Dompet Dhuafa Terima Wakaf Gamelan Slendro

LKC NTT adalah salah satu dari banyaknya LKC yang beberapa diantaranya telah memiliki aset Wakaf Produktif. Saat ini LKC Ciputat, LKC Purwokerto, dan LKC Rorotan di Cilincing, Jakarta Utara yang telah menjalankan amanah dari aset Wakaf Produktif.

Asdin, selaku tim pelaksana kegiatan ALS dari LKC NTT, mengatakan ada 3 (tiga) upaya dalam kegiatan ini, yaitu Promotif, Kuratif, dan Prefentif.

Kami melakukan edukasi berupa penyuluhan kesehatan terutama hal dalam kehidupan sehari-hari juga sanitasi, cek kesehatan dan mengobati masyarakat yang sakit, kemudian pencegahannya,” kata Asdin. (Dompet Dhuafa-Tabung Wakaf/Mutia Rabbani Hanifah/Dhika Prabowo)

Wakaf Sekarang