3 Jalur Memanfaatkan Harta

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

3-Jalur-Memanfaatkan-Harta

 

Sahabat, sudah benarkah cara kita memanfaatkan harta yang kita miliki? Secara umum, kita pasti senang dikarunia harta yang berlimpah. Siang malam dan berbagai macam cuaca sering kita lalui untuk mendapatkan harta dalam setiap jengkal pencaharian kita. Selesai satu kebutuhan segera kita mencari harta untuk memenuhi kebutuhan yang lain. Terus seperti itu, seolah kita akan hidup selamanya.

Tidaklah salah jika selama hidup kita bergiat mencari harta yag berlimpah. Sebab Rasulullah SAW juga memerintahkan kita untuk

“mencari nafkah layaknya engkau akan hidup selamanya” meskipun kita juga diminta agar “beribadahlah layaknya engkau akan mati esok hari”.

Baca Juga : Kejar Akhirat, Dunia Dapat

Tapi pernah kah kita sekali-sekali berpikir apakah harta yang kita miliki bermanfaat untuk hidup kita, juga untuk akhirat kita.

Inilah 3 jalur harta agar harta yang kita miliki dapat bermanfaat untuk sesama

  1. Harta yang kita makan, pada proses akhirnya dia akan menjadi limbah/kotoran.
  2. Harta yang kita simpan, kita tumpuk sebanyak-banyaknya, pada akhirnya berpotensi menjadi rebutan ahli waris.
  3. Harta yang kita infak kan di jalan Allah, akan menjadi amal jariyah.

Bermanfaat sebagai penolong kita di alam kubur dan yaumil hisab kelak. Oleh karena itu jelaslah bahwa kelaziman orang selama ini yang mencari harta hanya untuk urusan dunia sesungguhnya menuju kepada sebuah kondisi keburukan. Karena dalam mencari harta, hendaklah diniatkan dan ditujukan untuk juga disedekahkan di jalan Allah, agar segala harta kita berujung kepada kebaikan diri kita sendiri.

Harta lah yang paling setia menemani kita. Sekali dia diinfakkan di jalan Allah, tanpa harus diminta, tanpa harus diingatkan dia, harta-harta tersebut akan bersaksi bahwa mereka telah kita belanjakan di jalan Allah. Selanjutnya harta-harta jariyah itu akan terus mengalirkan pahala kebaikan kepada kita, meskipun kita sudah terbaring di dalam kubur. Masya Allah,

“siapa orang yang paling beruntung, adalah mereka yg sudah berhenti nafasnya. Tapi masih terus mengalir pahalanya”

Sahabat, sudahkah kita memanfaatkan harta di jalan Allah SWT? 

Yuk mulai dari sekarang kita manfaatkan rezeki terbaik kita dengan banyak beramal jariyah!

Amal Terbaik itu #AmalJariyah

Baca Juga : Meninggalkan Pahala Abadi dengan Sedekah Jariyah

Wakaf Sekarang