Skip to content

5 Keutamaan Dahsyat Berbakti Kepada Orang Tua Sepanjang Hayat

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Salah satu perintah Allah yang wajib dilaksanakan oleh seorang muslim adalah birrul walidain. Birrul walidain adalah etika seorang muslim berbakti kepada orang tua. Allah paling menyukai amalan ini, maka dari itu terdapat 5 keutamaan memuliakan orang tua yang harus dibaca tuntas di sini!

1. Amal paling utama

Keutamaan berbakti pada orang tua

Berbakti kepada kedua orang tua adalah amalan yang paling utama dan dicintai Allah. Hal ini tertera dalam hadits Rasulullah tentang tiga amalan yang paling Allah sukai, yaitu sholat tepat waktu, berbakti kepada kedua orang tua, dan jihad di jalan Allah:

سَأَلْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَيُّ الْعَمَلِ أَفْضَلُ؟ قَالَ : اَلصَّلاَةُ عَلَى وَقْتِهَا قَالَ : قُلْتُ ثُمَّ أَيُّ؟ قَالَ : بِرُّ الْوَالِدَيْنِ قَالَ : قُلْتُ : ثُمَّ أَيُّ؟ قَالَ : اَلْجِهَادُ فِي سَبِيلِ اللَّهِ
Artinya: “Aku bertanya kepada Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam tentang amal-amal yang paling utama dan dicintai Allah ? Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, Pertama shalat pada waktunya (dalam riwayat lain disebutkan shalat di awal waktunya), kedua berbakti kepada kedua orang tua, ketiga jihad di jalan Allah” [Hadits Riwayat Bukhari I/134, Muslim No.85, Fathul Baari 2/9]

2. Membuka pintu rezeki

 

Keutamaan berbakti kepada kedua orang tua yang lain yaitu membuka pintu rezeki. Rezeki bukan hanya sejenis materi, namun juga kebutuhan hidup, seperti kesehatan, kebahagiaan, dan umur panjang. Sesungguhnya, Allah menurunkan rezeki kepada anak yang mendoakan dan membahagiakan orang tuanya dengan tulus dan ikhlas.

Rasulullah bersabda dalam hadist bahwa anak yang senantiasa menjaga hubungan baik dengan kedua orang tuanya akan Allah luaskan rezekinya:

مَنْ أَحَبَّ أَنْ يُبْسَطَ لَهُ فِى رِزْقِهِ، وَيَنْسَأَ لَهُ فِى أَثَرِهِ فَلْيَصِلْ رَحِمَهُ
Artinya: “Barangsiapa yang suka diluaskan rizkinya dan dipanjangkan umurnya maka hendaklah ia menyambung tali silaturahmi” [Hadits Riwayat Bukhari 7/72, Muslim 2557, Abu Dawud 1693]
Bertanya kabar bukan hal sepele. Kehangatan kalimat Sahabat dapat mencaikan suasana canggung antara orang tua dan anak. Jadi, jaga hubungan baik dan jangan lupa minta doa orang tua, ya!

3. Doa orang tua bikin tidak menyerah hadapi rintangan

 

Pernahkah Anda merasa keadaan sedang tidak berpihak kepadamu? Lalu, Anda mengetahui kalau orang tua selalu mendoakanmu setelah sholat, semuanya akan terasa baik-baik saja. Saat Anda selamat dari masalah, itulah kuasa Allah mengabulkan doa kedua orang tuamu.

Hal tersebut terjadi pada orang-orang di zaman Rasulullah yang memperlakukan orang tuanya dengan baik:

“Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Pada suatu hari tiga orang berjalan, lalu kehujanan. Mereka berteduh pada sebuah gua di kaki sebuah gunung. Ketika mereka ada di dalamnya, tiba-tiba sebuah batu besar runtuh dan menutupi pintu gua. Sebagian mereka berkata pada yang lain, ‘Ingatlah amal terbaik yang pernah kamu lakukan’. Kemudian mereka memohon kepada Allah dan bertawassul melalui amal tersebut, dengan harapan agar Allah menghilangkan kesulitan tersebut. Salah satu diantara mereka berkata, “Ya Allah, sesungguhnya aku mempunyai kedua orang tua yang sudah lanjut usia sedangkan aku mempunyai istri dan anak-anak yang masih kecil. Aku mengembala kambing, ketika pulang ke rumah aku selalu memerah susu dan memberikan kepada kedua orang tuaku sebelum orang lain. Suatu hari aku harus berjalan jauh untuk mencari kayu bakar dan mencari nafkah sehingga pulang telah larut malam dan aku dapati kedua orang tuaku sudah tertidur, lalu aku tetap memerah susu sebagaimana sebelumnya. Susu tersebut tetap aku pegang lalu aku mendatangi keduanya namun keduanya masih tertidur pulas. Anak-anakku merengek-rengek menangis untuk meminta susu ini dan aku tidak memberikannya. Aku tidak akan memberikan kepada siapa pun sebelum susu yang aku perah ini kuberikan kepada kedua orang tuaku. Kemudian aku tunggu sampai keduanya bangun. Pagi hari ketika orang tuaku bangun, aku berikan susu ini kepada keduanya. Setelah keduanya minum lalu kuberikan kepada anak-anaku. Ya Allah, seandainya perbuatan ini adalah perbuatan yang baik karena Engkau ya Allah, bukakanlah. “Maka batu yang menutupi pintu gua itupun bergeser” [Hadits Riwayat Bukhari (Fathul Baari 4/449 No. 2272), Muslim (2473) (100) Bab Qishshah Ashabil Ghaar Ats Tsalatsah Wat-Tawasul bi Shalihil A’mal]

 

Mungkin Anda pernah merasa jengkel dengan sosok orang tua yang suka marah-marah dan cerewet. Meskipun begitu, kebahagiannya tidak akan pernah tergantikan melihat anaknya sukses.

 

Baca juga: Ajari Anak Wakaf dengan 4 Cara Mudah Ini!

 

Jika terjadi perbedaan pendapat antara anak dan orang tua, maka selesaikan dengan kepala dingin. Sejatinya, orang tua juga ingin merasa didengar saat anak dewasa. Sampaikan keinginanmu tanpa merendahkan orang tua.

4. Bentuk taubat kepada Allah

berdoa dan bertaubat kepada Allah

Dalam beberapa hadits, Rasulullah menganjurkan orang yang ingin berjihad untuk merawat orang tuanya, contohnya yaitu mengurus bapak atau ibu yang sakit. Allah akan memberi ganjaran surga bagi anak yang berbakti  karena Allah tahu merawat orang tua di waktu sepuh adalah pekerjaan yang sulit.

Dari Abdullah bin Ash ia berkata;

“Seorang laki-laki datang kepada Nabi shallallahu alaihi wasallam lalu meminta kepada beliau untuk berjihad. Maka beliau bersabda, “Apakah kedua orang tuamu masih hidup?” ia menjawab, “Ya.” Beliau pun bersabda, “Maka bersungguh-sungguhlah dalam berbakti kepada keduanya.”

(HR. Al Bukhari dan Muslim)

5. Ridha Allah ada pada ridha orang tua

Ridho Allah ada pada ridha orang tua

رِضَا الرَبِّ فِى رِضَا الوَالِدِ و سُخْطُ الرَبِّ فِى سُخْطِ الوَالِدِ
Artinya: “Ridho Allah tergantung kepada keridhoan orang tua dan murka Allah tergantung kepada kemurkaan orang tua” [Hadits Riwayat Bukhari dalam Adabul Mufrad (2), Ibnu Hibban (2026-Mawarid-), Tirmidzi (1900), Hakim (4/151-152)]

Itulah keutamaan berbakti kepada orang tua. Di balik ketangkasannya, orang  juga ingin diapresiasi oleh anak,  dan keluarganya. Orang tua bahkan tak segan merelakan mimpinya agar anak sukses dan bahagia. Diam-diam, orang tua sebagai sosok panutan butuh validasi juga dari kamu, loh!

Ada banyak cara untuk berbakti kepada orang tua, salah satunya dengan berwakaf. Ekspresikan cintamu dengan wakaf. Yuk, berikan hadiah terbaik, hadirkan senyuman untuk orang tua dengan klik berwakaf sekarang juga di sini!

Wakaf Sekarang