5 Manfaat Menakjubkan Wakaf Al-Quran, Masha Allah!

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

 

Wakaf merupakan bentuk kasih sayang manusia kepada sesamanya. Di sisi lain, wakaf merupakan bentuk filantropis spesial yang bertujuan untuk pembangunan berkelanjutan bagi umat manusia. Salah satu wujudnya yang paling mudah yakni wakaf Al-Quran. Manfaat wakaf Al-Quran banyak sekali, loh!

Sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia, Al-Quran merupakan kitab suci yang esensial bagi kehidupan muslim. Mengacu pada data BPS, pasti membanggakan bahwa unsur religi, terutama Islam terasa kental di Indonesia. Akan tetapi, tingginya minat baca Al-Quran belum seimbang dengan aksesnya. Sebanyak 54% umat muslim di Indonesia masih buta huruf Al-Quran per tahun 2018.

Penyebabnya beragam, seperti mushaf kurang tersebar merata, Al-Quran sudah lapuk hingga sulit untuk dibaca. Al-Quran yang bagus dan rapi dapat meningkatkan motivasi membaca kitab suci, loh! Maka dari itu, wakaf ini penting sekali untuk digalakkan supaya makin banyak umat muslim bebas dari buta aksara Al-Quran. Selain itu, apa lagi manfaat menakjubkan dari wakaf Al-Quran?

 

Sebelum baca lebih lengkap, tonton dulu video Dompet Dhuafa tuntaskan buta aksara Al-Quran!

Manfaat Wakaf Al-Quran

Kekal di Akhirat

Manfaat Wakaf Al-Quran Abadi di Akhirat

Janji Allah bagi orang-orang yang bertakwa merupakan hal pasti. Dalam mendapatkan janji Allah, maka sahabat harus ikhtiar terlebih dahulu. Al-Quran menjadi amal jariyah yang tidak akan pernah putus, baik bagi pembaca dan yang mewakafkannya.

Mengutip dari Ustadz Adi Hidayat, Lc, M.A. bahwa Rasulullah SAW menyarankan untuk mencari sedekah yang menghasilkan keuntungan berlipat, walaupun Sahabat tidak melakukan apapun. Beliau memberi contoh yaitu memberi sedekah kepada orang yang mengerjakan pahala berganda atau disebut sedekah jariyah, seperti penghafal Al-Quran.

Mendekatkan Diri pada Allah

Manfaat wakaf Al-Quran

Wakaf merupakan upaya untuk mendekatkan diri pada Allah SWT. Sahabat pasti sudah kenal bahwa wakaf merupakan sedekah yang membuka pintu-pintu rezeki. Wakaf menjadi jalan untuk menambah keimanan dan ketakwaan dengan saling bantu meringankan beban kaum yang membutuhkan.

Jika sahabat sedang kesulitan, baik fisik atau finansial, maka Allah akan buka rezeki lain melalui wakaf yang sahabat lakukan. Itulah bentuk kasih sayang Allah kepada umatnya yang bertakwa.

Wakaf Al-Quran Tumbuhkan Semangat Para Penghafal

Wakaf Al-Quran beri semangat para penghafal

Para penghafal Al-Quran merupakan harapan bangsa Indonesia. Irama lantunan ayat dari para penghafal Al-Quran menjadi hal yang menyejukkan hati umat muslim di Indonesia. Di sisi lain, Indonesia boleh berbangga memiliki jumlah pengfal Al-Quran tertinggi di dunia. Dilansir dari Republika bahwa jumlah penghafal Al-Quran di Indonesia mencapai 30 ribu orang, lebih banyak dibandingkan Arab Saudi yang hanya memiliki 6000 penghafal.

Masalahnya, masih banyak pula penghafal Al-Quran yang terkendala membaca kitab suci karena tidak layak. Wakafmu membahagiakan mereka. Yuk, bantu mereka selesaikan hafalan mulia mereka dengan wakafmu!

Wakaf Al-Quran Perkaya Keilmuan di Masjid

Manfaat menakjubkan wakaf Al-Quran dapat makmurkan masjid

Sahabat, masih dapat beribadah di tengah pandemi merupakan karunia berharga, meskipun akses terbatas. Umat muslim mencoba bertahan dengan segala upaya sambil tawakal kepada Allah. Para penghafal Al-Quran yang mengisi masjid pun tetap semangat sebarkan syiar Islam melalui lantunannya.

“Hanyalah yang memakmurkan masjid-masjid Allah ialah orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari kemudian, serta tetap mendirikan shalat, menunaikan zakat … ” (QS. At-Taubah [9]: 18).

Wakaf Al-Quran Bantu Anak-Anak Merdeka Buta Aksara

Manfaat Wakaf Al-Quran Merdekakan Buta Aksara

Survey dari Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2018 mengungkapkan kitab suci merupakan jenis bacaan yang paling banyak dibaca masyarakat Indonesia dengan persentase 66,34%. Kitab suci merupakan bacaan yang paling banyak diakses oleh segala macam usia dan jenjang pendidikan. Menariknya, kalangan pembaca didominasi oleh masyarakat usia muda, yakni 7-18 tahun.

Baca Juga: 5 Hikmah dan Filosofi Wakaf

Namun, jumlah anak-anak yang buta aksara Al-Quran pun tinggi. Hal ini disebabkan oleh masih kurangnya akses atau Al-Quran yang sudah usang hingga hurufnya sulit dibaca. Nah, wakaf Al-Quran dapat membantu mereka untuk merasakan nikmatnya membaca kitab suci tanpa gangguan.

Masha Allah, banyak sekali ladang amal kebaikan untuk Sahabat. Yuk, panen dan berlomba-lomba dalam kebaikan!

Itulah 5 manfaat menakjubkan wakaf Al-Quran. Membaca dan menghapal Al-Quran dengan tentram menjadi kenikmatan yang patut disyukuri. Bantu umat muslim lainnya untuk merdeka dari buta aksara Al-Quran. Klik banner di bawah untuk salurkan rezekimu agar mereka dapat fasilitas mushaf dan Al-Quran indah.

 

Wakaf Sekarang