Astri Ivo: Ambillah Satu Peran, dan Berikan yang Terbaik saat Jadi Pemerannya

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Paras cantik dan tutur kata yang lembut, membuat siapa saja yang melihat artis satu ini akan kagum. Ditambah lagi, beberapa tahun belakangan ini beliau istiqomah menjadi public speaker di berbagai forum kajian keislaman, maka tak salah jika Astri Ivo didapuk oleh Tabung Wakaf Indonesia (TWI) untuk menjadi Brand Ambassador.

Ibu dari tiga putra ini, rupanya tak berpikir panjang ketika mendapat tawaran menjadi brand ambassador, secara beliau sudah menjadi donatur wakaf di Tabung wakaf Indonesia sejak tahun 2007, dan sejak Ramadhan 1433 H, bunda Astri, sapaan akrabnya, tak lelah memasyarakatkan apa itu wakaf melalui TWI.

Beberapa waktu lalu, redaksi TWI berkesempatan mewawancarai Astri Ivo di rumahnya yang asri di kawasan Bintaro. Dalam suasana penuh kekeluargaan, bunda Astri banyak menceritakan mengapa dan bagaimana sampai dirinya tertarik menjadi bagian dari TWI sebagai donatur maupun sebagai brand ambasssador. Berikut wawancaranya:

Apa yang menjadi pertimbangan Bunda Astri bersedia menjadi brand ambassador Tabung Wakaf Indonesia (TWI) ?

Sejauh ini, tentu karena saya percaya dengan TWI. Kita bisa melihat, kemana saja yang sudah kita tabung karena ada laporannya. Selain itu, program-program pendidikan, kesehatan dan pemberdayaan ekonomi untuk kesejahtraan kaum kecil bisa kita lihat secara nyata hasilnya, misalnya melalui pembangunan rumah sewa, ruko, foodcourt, penanaman pohon sengon dan program lainnya, oleh karena itu saya sangat senang menjadi brand ambassador TWI, saya jadi bisa berkontribusi mendakwahkan ibadah wakaf kepada masyarakat luas.

Dari sekian banyak program yang ada di TWI, program apa yang paling menarik?

Pendidikan. Di Indonesia ini, SDM nya sangat minim. Jadi saya sangat berharap program pendidikan ini mengangkat martabat bangsa.

Sebelum menjadi brand ambassador, dari mana Bunda mengetahui TWI?

Awalnya dari Dompet Dhuafa, karena dulu saya sering mengadakan acara bersama. Lalu saya melihat orang-orangnya, dan sudah terbukti memajukan masyarakat. Maka saya tidak ragu ketika diangkat jadi brand ambassadornya TWI.

Di TWI ada banyak jenis pembayaran yang bisa dilakukan wakif. Anda sendiri memilih jenis pembayaran seperti apa?

Saya lebih senang transfer. Mudah, praktis dan hemat waktu.

Layanan donatur seperti apa yang Anda sukai ketika TWI ingin memberikan informasi penting terkait program dan lainnya?

Saya lebih suka diberitahu lewat sms. Kalau email kan tidak tiap hari dibuka, tapi kalau sms, pasti akan cepat diketahui oleh para donatur.

Pengalaman menarik selama menjadi brand ambassador TWI?

Tentu saja pasti pengetahuan saya mengenai wakaf kian bertambah. Lalu saya jadi lebih sering “pengumuman” ke para jamaah, teman dan kerabat mengenai wakaf.

Apa harapan terbesar Bunda terhadap wakaf di Indonesia?

Bisa membangun umat menjadi masyarakat yang lebih maju. Mengangkat harkat, karena sebenarnya masyarakat Indonesia itu tidak pantas miskin kalau kita lihat dari sumber daya alam yang Allah kasih.

Masukan untuk Tabung Wakaf Indonesia?

Sejauh ini saya melihat sudah sangat baik. Mengajak beberapa atlet, artis untuk turut serta menyiarkan pentingnya berwakaf, itu saya yakin dampaknya cukup baik. Selain itu ajakan-ajakannya juga menarik dan tidak berkesan menggurui. Ini yang saya yakin, bikin orang dari berbagai lapisan makin tertarik berwakaf di TWI.

Apa pesan Bunda Astri untuk masyarakat kita saat ini yang masih belum sampai pada kondisi sejahtera?

Ambillah satu peran, dan berikan yang terbaik saat menjadi pemerannya. Dan mari berkontribusi untuk kesejahteraan bersama, karena manusia utuh itu adalah manusia yang bermanfaat bagi sesamanya, dan jadilah bagian dari kaum muslimin yang berwakaf, karena manfaat wakaf itu lestari dan terus menerus, wakaf juga merupakan investasi akhirat terbaik yang pahalanya terus mengalir walaupun kita sudah kembali kepada sang Khalik, kalau sudah tau manfaat wakaf, siapa yang tidak mau ? (apb)

Wakaf Sekarang