Menyingkap 7 Fakta Dahsyat Air Zamzam, Tidak Pernah Kering!

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Fakta Sumur Air Zamzam

Air Zamzam diketahui memiliki banyak keunggulan dibandingkan air mineral pada umumnya. Berbagai penelitian, baik dari luar negeri maupun dari pemerintah Arab Saudi dilakukan untuk terus mengeksplorasi air zamzam yang terletak pada 11 meter dari Kabah. Meskipun jutaan orang mengambil air ini, kemurniannya tidak akan pernah habis. Berikut 7 fakta spesial tentang air zamzam yang selalu menjadi oleh-oleh favorit umat Islam di Indonesia.

1. Sumber dari Energi Tanah Terbarukan

fakta air zamzam

Dalam menjaga pasokan air, pemerintah Arab Saudi benar-benar serius menata pemukiman di sekitar Sumur Zamzam dan Masjidil Haram. Untuk pembuktian air zamzam tidak habis-habis, pernah ada eksperimen menyedot air zamzam sebanyak 8000 liter/detik selama kurang lebih 24 jam. Lalu, tinggi air menurun dari 3.23 m di bawah tanah menjadi 13.39 m di bawah tanah. Setelah penyedotan berhenti selama 11 menit, air zam zam kembali naik pada 3.9 meter di bawah tanah.

Fakta pertama air zamzam tidak pernah habis karena energinya berasal dari tanah terbarukan. Melansir dari Egypt Today, Profesor Geologi dan dan Sumber Daya Air di African Research Institute, yakni Sharaqi, memaparkan bahwa Zamzam pertama kali muncul sekitar 4000 tahun sesuai kalendar hijriah.

Baca juga: 5 Jenis Sumur Canggih Sesuai Geografis

Sharaqi mengatakan bahwa air zamzam berasal dari endapan hujan yang terjadi di Mekkah berupa endapan sungai. Air hujan di pegunungan jatuh ke dataran rendah dan berubah menjadi endapan sedalam 14 meter. Kemudian, ilmuwan memperkirakan proses terbentuknya air zamzam membutuhkan waktu jutaan tahun.

Meskipun Mekkah tandus, wilayah tersebut juga memiliki daerah pegunungan dan salah satu lembahnya menampung air zamzam di dataran rendah. Sharaqi menjelaskan kedalaman total sumur air zamzam mencapai 35 meter, dengan pembagian 14 meter berisi sedimen dan 21 meter bebatuan.

2. Fakta Kalau Air Zamzam Kaya Mineral

orang sedang minum air putih

Kesegaran air zamzam membuat jutaan orang di seluruh dunia selalu ingin kembali ke tanah suci. Peneliti asal Jerman, yaitu Knut Pfeiffer, membuktikan dari penelitiannya bahwa air zamzam mampu meningkatkan enegi sel dan sistem jaringan tubuh.

Melansir dari NatGeo Indonesia, penelitian dari Masaru Emoto menampilkan kristal air zamzam yang cantik dan saling menyatu. Selain itu, air zamzam memiliki kadar kalsium (Ca), fluorida (F), natrium (Na), klorida (Cl), sulfat (SO4), nitrat (NO3), magnesium (Mg) dan kalium (K) yang lebih tinggi dibandingkan air minum lainnya. Di sisi lain, ilmuwan tidak menemukan kadar fluorida pada zamzam.

3. Kental dengan Kisah Nabi Ismail dan Siti Hajar

Kisah Nabi Ismail, Kelahiran Anak Shaleh

Ngobrolin tentang air zamzam tidak akan pernah lepas dari kisah Nabi Ismail dan Siti Hajar. Mengutip dari zakat.or.id, Hajar kehabisan bekal dan Ismail menangis karena kehausan. Ismail kecil menghentakkan kakinya dan keluarlah air jernih dari tanah yang tandus. Hajar senang sekali hingga bergumam,

“zam, zam, zam,” yang artinya berkumpul.

Berkat Air Zamzam, Hajar dan Ismail menemukan kehidupan di Mekkah. Jika ditelusuri, Hajar dan Ismail termasuk manusia atau penghuni pertama di kota Mekkah. Dari yang semula tanah tandus hingga menjadi kota yang paling banyak dikunjungi dan dicintai oleh umat Islam di seluruh dunia.

Sepeninggal Nabi Ibrahim, air zamzam menjadi rebutan para penguasa di tanah Arab hingga tidak terurus.

4. Pernah Hilang Hingga Ditemukan oleh Abdul Muthalib

fakta air zamzam pernah hilang dan ditemukan abdul muthalib

Awal mula saat air zamzam muncul, datang suku Jurhum yang sedang mencari air. Para gerombolan melihat ada burung berputar-putar dan berharap itu tanda adanya sumber air. Mereka menebak-nebak sambil berharap.

Dugaan mereka benar dan akhirnya bertemu Siti Hajar serta Nabi Ismail. Hajar membuat perjanjian untuk tidak merebut sumber air tersebut. Mereka setuju, kemudian hidup bertetangga dengan rukun.

Baca juga: Dari Sumur ke Hotel, 14 Abad Wakaf Abadi Utsman bin Affan

Akan tetapi, sepeninggal Nabi Ibrahim, salah satu penguasa Mekkah bernama Madhad bin Amru Al Jurhumi mengeruk zamzam untuk menyembunyikan harta bendanya dari musuh. Setelah itu, ia timbun hingga tidak dapat ditemukan oleh siapapun.

Setelah sekian lama, titik letaknya terkuak kembali oleh kakeknya Nabi Muhammad, yakni Abdul Muthalib, dari petunjuk di mimpinya. Kemudian, ia gali kembali sumur air zamzam agar dapat dinikmati oleh umat Islam di seluruh dunia.

5. Pemeliharaan Sumur Level Bintang Lima

Pengembangan dan pemeliharaan sumur abadi ini tentu tidak main-main. Air zamzam selalu bersih karena Bapak Insinyur Saudi, Yahya Hamza Koshak, selalu aktif dalam melestarikan sumur di masa hidupnya. Ia membuat sistem antrian menjadi efisien, sehingga orang-orang tidak berebutan saat mengambil air zamzam.

 

Mengutip dari CNN, ia juga membangun jaringan ganda di Mekkah untuk meningkatkan kualitas air minum dan menggunakan kembali limbah sebagai air daur ulang sekunder untuk kebutuhan pertanian. Kecintaan Koshak pada air zamzam ia tuangkan pada film dokumenter berjudul ‘Zamzam: Nourishment and Curative’. 

6. Zamzam Adalah Air Paling Murni di Dunia

air zamzam

Pernah merasa minum air zamzam segarnya beda dari air putih biasa? Kesegarannya berasal dari air yang bebas kuman dan polutan. Pada tahun 1908 dan 1973, ilmuwan mengkaji analisa kimiawi dan membuktikan air zamzam benar-benar bersih dari racun. Selain itu, peneliti tidak menemukan pertumbuhan biologis seperti jamur dan alga di sumur air zamzam. Menarik, bukan?

Baca juga: 4 Rumah Sakit Tertua di Dunia Berasal dari Wakaf, Yuk Lihat!

Karena tingkat kebersihan yang tinggi, maka air zamzam dijuluki sebagai air paling murni di dunia. Kualitasnya bahkan lebih baik daripada air di pegunungan Alpen. Salah satu ilmuwan yang setuju mengacu pada penelitian Masaru Emoto kalau kualitas kandungan air zamzam tidak bisa berubah. Meskipun didaur ulang, air zamzam tetap akan murni.

Fakta Hadits Sumur Air Zamzam adalah Terbaik di Dunia

Hadits Nabi Muhammad SAW juga membuktikan kalau air zam zam adalah sebaik-baiknya air yang ada di dunia.

Rasulullah SAW bersabda, “Sebaik-baiknya air di muka bumi ini ialah air zam zam.” (HR Ahmad).

7. Punya Khasiat Menjaga Berat Badan dan Kesehatan

menurunkan berat badan (diet) untuk kesehatan

Fakta ini bermula dari awal mula munculnya air zamzam di Mekkah. Beberapa peneliti penasaran saat mengetahui Nabi Ismail langsung berhenti menangis dan kenyang setelah minum air zamzam.

Setelah diuji secara ilmiah, air zamzam dapat menimbulkan efek kenyang sebagai pengganjal perut dan dapat meningkatkan nafsu makan. Saat dicerna, air zamzam menyesuaikan kebutuhan sel di dalam tubuh Anda.

Hadits Air Zamzam Menjaga Kesehatan

Rasulullah SAW bersabda,

Air zam zam itu berkhasiat sesuai dengan apa yang diniatkan. Jika engkau meminumnya dengan niat meminta kesembuhan maka Allah akan menyembuhkanmu, dan jika engkau meminumnya dengan niat agar dahagamu hilang maka Allah akan menghilangkan dahagamu. Ia adalah galian jibril dan siraman Allah kepada Ismail” (H.R Ibnu Abbas dan Al Hakim).

Allah menitipkan sumur kepada Jibril semata-mata agar manusia merawatnya, sehingga Anda dan kita semua dapat menikmati kejernihan air zam zam terus menerus.

Wakaf sumur Dompet Dhuafa

Itulah fakta seputar air zam zam yang wajib Sahabat ketahui. Semoga Sahabat Dompet Dhuafa dapat mengambil pelajaran dari membangun hingga mengurus sumur secara efektif dan efisien. Dari fakta di atas, sumur adalah cara untuk mengatasi masalah kekurangan air.

Yuk, patungan wakaf sumur di Dompet Dhuafa. Mulai dari 10 ribu, patungan wakafmu memberi kebahagiaan abadi untuk masyarakat Indonesia yang kekurangan akses sumber air. Yuk, wakaf sumur bareng-bareng! Kurang dari 5 menit, wakafmu memberi harapan baik dengan klik tautan di sini atau banner di bawah!

 

Wakaf Sekarang