Istighfar Tak Hanya untuk Meminta Ampunan

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

istighfar“Ketika hatiku malas, aku beristighfar pada Allah dalam sehari sebanyak seratus kali.” (HR. Muslim no. 2702)

Sahabat, Rasulullah shalallaahu ‘alaihi wassalam adalah seorang manusia yang sudah pasti dosa-dosanya terampuni. Namun yang luar biasa, dalam sehari semalam beliau masih saja memohon ampunan Allah dengan beristighfar ratusan kali. Bagaimana dengan kita?

Sebagai hambaNya yang bergelimang dosa, sudahkah kita memperbanyak istighfar? Apalagi ternyata istighfar  tidak hanya bermanfaat untuk memperoleh kemaafanNya atas segala dosa yang kita perbuat. Akan tetapi, istighfar pun memiliki ‘khasiat’ yang dahsyat sebagaimana sedekah.

Berikut ini beberapa kedahsyatan istighfar yang belum banyak diketahui dan diamalkan oleh kaum muslimin:

1. Menghilangkan kegalauan

Kita pasti sering merasa gundah gulana, hati risau, pikiran tak tenang, hidup dirundung stres karena banyaknya persoalan yang mengerubungi. Maka, perbanyaklah beristighfar! Ucapkanlah “Astaghfirullah…” dengan disertai hati yang takut dan penuh harap.

In syaa Allah segala kegundahan hilang, dan segala masalah akan menemukan jalan keluarnya, bahkan sebagai bonusnya, Allah akan memberi rezeki dari arah yang tak disangka-sangka:

Barangsiapa yang senantiasa beristighfar niscaya Allah akan menjadikan baginya kelapangan dari segala kegundahan yang menderanya, jalan keluar dari segala kesempitan yang dihadapinya dan Allah memberinya rizki dari arah yang tidak ia sangka-sangka.” (HR. Abu Daud no. 1518, Ibnu Majah no. 3819, Al-Baihaqi dalam As-Sunan Al-Kubra no. 6421 dan Ath-Thabrani dalam Al-Mu’jam Al-Kubra no. 10665)

2. Menurunkan hujan serta menambah kekuatan

Sahabat, adakah yang merindukan hujan turun deras dari langit? Entah untuk mengusir kabut asap yang menyesakkan pernafasan atau untuk menghilangkan kekeringan.

Maka perbanyaklah istighfar, karena Allah telah menjanjikan permohonan ampun akan dibalasNya dengan turunnya hujan dan bertambahnya kekuatan:

“Wahai kaumku, mintalah ampunan Rabb kalian kemudian bertaubatlah kalian kepada-Nya, niscaya Dia mengirimkan dari langit hujan yang deras kepada kalian dan menambahkan kekuatan atas kekuatan kalian, dan janganlah kalian berpaling dengan menjadi orang-orang yang banyak berbuat dosa.” (QS. Hud: 52)

3. Memberikan limpahan harta dan anak

Siapakah yang ingin dikaruniai harta berlimpah serta anak-anak keturunan yang shaleh?

Perbanyaklah membaca istighfar dan meresapi maknanya dalam hati karena Allah telah menjanjikan akan memberi hujan deras, karunia harta dan anak, serta membuatkan kebun-kebun dan sungai-sungai untuk hambaNya dengan istighfar tersebut:

Maka aku katakan kepada kaumku: “Mintalah ampunan Rabb kalian karena sesungguhnya Dia Maha Pengampun. Niscaya Dia akan mengirimkan dari langit hujan yang deras kepada kalian, mengaruniakan kepada kalian limpahan harta dan anak-anak, menjadikan untuk kalian kebun-kebun dan menjadikan untuk kalian sungai-sungai.” (QS. Nuh [71]: 10-12)

4. Terampuninya dosa-dosa

Siapakah yang menyadari memiliki banyak dosa? Tak perlu khawatir, karena Allah mengampuni dosa hambaNya selama kita meminta ampunanNya.

“Wahai hamba-Ku, sesungguhnya kalian berbuat dosa di waktu siang dan malam, dan Aku mengampuni dosa-dosa itu semuanya, maka mintalah ampun kepada-Ku, pasti Aku mengampuni kalian.”(HR. Muslim no. 6737)

5. Allah mencintai orang yang bertaubat dan meminta ampunan dari perbuatan dosa yang dilakukan

Sahabat, ternyata Allah amat mencintai orang yang bertaubat. Bahkan sekiranya kita tak melakukan dosa karena saking shalehnya, Allah bisa saja menghilangkan kita semua dari muka bumi dan menggantikan kita dengan kaum lain yang berbuat dosa lalu beristighfar mohon ampun.

Subhanallah! Betapa cintanya Allah pada orang-orang yang beristighfar. Dengan demikian, apa yang membuat kita enggan memperbanyak istighfar?

“Demi Dzat yang jiwaku berada di Tangan-Nya, seandainya kalian tidak berbuat dosa, niscaya Allah akan menghilangkan kalian dari muka bumi dan Allah akan mendatangkan suatu kaum lain yang berbuat dosa, lalu beristighfar (memohon ampun) kepada Allah Ta’ala. Dan Allah mengampuni mereka.”(HR. Muslim)

Sahabat, semoga kita senantiasa menyadari bahwa istighfar merupakan senjata luar biasa setiap muslim yang perlu dirutinkan dan diperbanyak bacaannya oleh lisan dan hati kita setiap harinya. Mudah-mudahan Allah mengaruniakan keistiqomahan agar kita selalu beristighfar padaNya. Aamiin. (SH)

Info Wakaf > Call Center: +62 21 741 6050 | SMS Center: +62 812 80 360 688 | PIN BBM: 28.739.E76

Tunaikan Wakaf anda melalui:

BCA 101.000.662.6699
BNI Syariah  009.153.8995
MANDIRI  101.000.662.6699

Muamalat 304.003.1667
a/n Yayasan Dompet Dhuafa

Wakaf Sekarang