Pengertian dan Keistimewaan Bulan Syawal

Apa itu Bulan Syawal?

Syawal adalah bulan ke sepuluh di dalam kalender islam. Pengertian bulan Syawal menurut akar katanya berarti peningkatan, naik, ringan, atau membawa (mengandung). Disebut demikian, karena pada bulan ini unta-unta mengangkat ekor-ekornya untuk dibuahi, hamil dan kemudian melahirkan.

Baca Juga: Keutamaan Sedekah dan Wakaf di Bulan Ramadhan

Nama dahulunya Wagil. Namun jika di telisik dari pengertian dari bulan syawal yang berarti peningkatan maka Seolah-olah nama bulan ini mengingatkan bagi siapapun, bahwa seharusnya setelah menjadi bertaqwa maka seseorang atau sekelompok orang harus menampakkan diri, ada peningkatan kualitas hidupnya.

Anjuran Ibadah Setelah Bulan Ramadhan

Hari pertama dibulan syawal merupakan Hari Raya Idul Fitri bagi umat islam setelah menjalankan ibadah puasa di bulan ramadhan yang dapat di katakan bahwa bulan syawal adalah bulan kembali ke fitrah, bulan Takbir, juga bulan silahturahim. Seterusnya hari berikutnya setelah itu, merupakan kesempatan untuk ‘menyempurnakan’ puasa ramadhan dengan puasa 6(enam) hari dibulan Syawal.

Seperti yang diriwayatkan dari Abu Ayyub Al-Anshori, Rasulullah bersabda, “Barang Siapa yang berpuasa Ramadhan dan kemudian berpuasa enam hari dibulan syawal, maka dia seperti berpuasa setahun penuh.” (HR.Muslim no.1164).

Baca Juga: Janji Allah untuk Umatnya yang Berpuasa

Keistimewaan Bulan Syawal

Datangnya bulan Syawal adalah munculnya harapan agar terjadi peningkatan kualitas, ialah kualitas ketaqwaan bagi mereka yang berpuasa. Jika hal itu ingin dilihat secara nyata, maka akhlak orang-orang yang telah berpuasa menjadi meningkat, orang-orang yang berkesusahan menjadi bisa tersenyum, lantaran persoalan mereka terselesaikan oleh karena munculnya banyak orang yang semakin sadar membayar infaq dan Wakaf. Sehingga, memasuki Bulan Syawal kehidupan menjadi semakin lebih baik dan damai, karena dihiasi oleh akhlaq yang mulia, kedekatan dengan Allah, dan juga dengan sesama makhluk. Akhirnya Bulan Syawal menjadi bulan yang sangat indah.

Oleh karena itu, dengan mengetahui pengertian bulan syawal mari bersama sama kita tingkatkan dan membuktikan ketaqwaan kita dengan menjadi muslim yang lebih baik dan lebih dermawan dalam ikut beramal jariah atau berwakaf sehingga semangat beribadah semakin meningkat dan tidak menurun setelah Ramadhan. Wallahu a’alam

I Love Wakaf

Wakaf Sekarang