Keutamaan Sedekah dan Wakaf di Bulan Ramadhan

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Berkah Bulan Ramadhan

Bulan ramadhan adalah bulan yang penuh keberkahan, datangnya bulan Ramadhan menjadi penghibur hati bagi orang mukmin, berbagai keutamaan ditawarkan di bulan yang penuh berkah ini, sebenarnya keutamaan yang diberikan oleh Allah SWT amat lah berlimpah antara lain Bulan ramadhan adalah bulan Tarbiyah untuk mencapai derajat takwa, Bulan diturunkannya Al-Quran, Bulan yang paling utama, bulan penuh berkah, Bulan ampunan dosa, bulan peluang emas melakukan ketaatan, dan Ramadhan adalah Bulan Kemenangan

Baca Juga: Contoh Sedekah Jariah dari Rakyat Aceh

Selain dari berbagai keutamaan-keutamaan tersebut, masih beragam keutamaan yang diberikan oleh Allah SWT seperti keutamaan sedekah dan wakaf di bulan Ramadhan, karena bersedekah dibulan ini lebih dahsyat dibanding sedekah dibulan lainnya. Setiap mukmin lebih dimudahkan untuk berbuat amalan kebaikan, termasuk sedekah. Islam sering menganjurkan umatnya untuk banyak bersedekah. Dan pada saat bulan Ramadhan, amalan ini menjadi lebih dianjurkan lagi.

Demikianlah sepatutnya akhlak seorang mukmin, yaitu dermawan. Allah dan Rasul-Nya memerintahkan bahkan memberi contoh kepada umat Islam untuk menjadi orang yang dermawan serta pemurah. Ketahuilah bahwa kedermawanan adalah salah satu sifat Allah Ta’ala,

“Sesungguhnya Allah Ta’ala itu Maha Memberi, Ia mencintai kedermawanan serta akhlak yang mulia, Ia membenci akhlak yang buruk.” (HR. Al Baihaqi, di shahihkan Al Albani dalam Shahihul Jami’, 1744)

Balasan Allah SWT dengan Mukmin yang Senang Bersedekah

Selain itu Allah SWT juga menjanjikan keutamaan dan balasan untuk mukmin yang senang bersedekah dibulan ramadhan. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam teladan terbaik bagi kita, beliau adalah orang yang paling dermawan, dan kedermawanan beliau lebih dahsyat lagi di bulan Ramadhan. Hal ini diceritakan oleh Ibnu Abbas radhiallahu’anhuma:

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah orang yang paling dermawan. Dan beliau lebih dermawan lagi di bulan Ramadhan saat beliau bertemu Jibril. Jibril menemuinya setiap malam untuk mengajarkan Al Qur’an. Dan kedermawanan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melebihi angin yang berhembus.” (HR. Bukhari, no.6)

Baca Juga: 7 Manfaat Wakaf

Maka, dibulan ramadhan ini marilah kita berlomba dalam mengejar keutamaan sedekah melalui wakaf, karena Wakaf lain dengan sedekah biasa, melainkan lebih besar pahala serta manfaatnya bagi orang yang memberikan wakaf. Pahala wakaf tersebut akan terus mengalir selama barang yang diwakafkan itu masih digunakan.karenanya Allah SWT menjanjikan pahala yang abadi untuk mereka yang berwakaf. Rasulullah saw memberi panduan tentang keutamaan sedekah dan wakaf istimewa ini, yaitu dengan cara “menahan pokok dan mengalirkan hasilnya.”

“Sesungguhnya Allah swt mencatat setiap amal kebaikan dan amal keburukan.”

Subhanallah.

Wakaf Sekarang