Kikis Kikir Sampai Habis

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
menghilangkan sifat pelit, menghilangkan sifat kikir

Foto: Based Photo by Pixabay

Sahabat pernahkah melihat orang yang terbiasa merapikan sepatu di rak, merapikan kursi, merapikan pakaian, dan merapikan segala sesuatunya? Atau, orang yang terbiasa tepat waktu ketika berjanji dan melakukan apapun?

Jangan anggap remeh, kebiasaan seperti itu bisa jadi gabungan dari pembawaannya yang memang rapi dan disiplin, namun sekaligus juga pembiasaan yang telah ia terapkan untuk dirinya sendiri dalam waktu yang relatif panjang, sehingga ia menjadi terbiasa melakukannya.

Sama juga ketika kita berharap bisa menjadi pribadi yang terbiasa bersedekah, sama sekali tidak instan. Apalagi kalau pembawaan aslinya kikir, tentu diperlukan pembiasaan rutin setiap harinya agar karakter bakhil yang ada dalam diri kita terkikis.

Sesungguhnya manusia diciptakan bersifat keluh kesah lagi kikir. Apabila ia ditimpa kesusahan ia berkeluh kesah, dan apabila ia mendapat kebaikan ia amat kikir,“. (QS. Al- Ma’arij: 19-21)

Oleh sebab itu, upaya yang perlu kita lakukan sama seperti usaha seorang yang berantakan, pemalas, namun ingin berubah menjadi rapi dan rajin.

Tidak mungkin berhasil dalam sehari dua hari, atau seminggu dua minggu saja, diperlukan perjuangan ekstra keras untuk menjadi pribadi yang sama sekali berbeda.

Begitu pula perjuangan yang perlu kita lakukan untuk menghilangkan sifat pelit/kikir yang telah menempel sejak awal penciptaan manusia itu sendiri.

Paling mudah adalah dengan melakukan sedekah setiap hari tanpa terkecuali! Agar mengikis terus-menerus kebakhilan yang bercokol di hati kita. (SH)

Baca: Bahaya Pelit Ilmu

Wakaf Sekarang