Membesarkan Sedekah Seperti Anak Unta

Tidaklah seseorang bersedekah dengan sebutir kurma dari hasil kerjanya yang halal, melainkan Allah akan mengambil sedekah tersebut dengan tangan kanan-Nya lalu Dia membesarkannya sebagaimana ia membesarkan anak kuda atau anak unta betina hingga sampai semisal gunung atau lebih besar dari itu.” (HR. Muslim no. 1014).

Sahabat, jangan pernah meremehkan sedekah sekecil apapun, bahkan sedekah sebutir kurma sekalipun bisa tumbuh menjadi seperti anak kuda, sebesar gunung, bahkan lebih dari itu. Hadits tersebut semestinya memotivasi sekaligus memprovokasi kita untuk sering bersedekah.

Jika sedekah seukuran satu butir kurma saja bisa Allah pelihara menjadi sebesar anak unta, apalagi sedekah yang lebih besar dari itu?

Sahabat, tentu pernah mendengar berbagai kisah luar biasa mengenai sedekah? Ada orang yang bersedekah segelas susu pada seorang anak, hanya segelas susu hangat memang, namun bagi anak itu, segelas susu tersebut telah menyelamatkannya dari perut lapar dan cuaca dingin yang dahsyat.

Di kemudian hari, anak itu berkembang dan menjadi seorang dokter profesional. Di suatu hari ia berkesempatan membalas kebaikan segelas susu yang ia terima puluhan tahun lalu, dengan menanggung semua biaya operasi wanita yang dahulu pernah memberi segelas susu hangat padanya. Dahsyat bukan?

Jika seorang manusia biasa saja bisa membalas sedekah manusia lainnya dengan luar biasa, apalagi Allah yang Maha Kaya?

Simaklah kisah mengenai seorang wanita pezina yang Allah ampuni dosa-dosanya hanya karena sedekahnya pada seekor anjing. Ia mengambilkan air dari dalam sumur yang mengering untuk seekor aning yang kehausan.

Ada seorang wanita pezina melihat seekor anjing di hari yang panasnya begitu terik. Anjing itu mengelilingi sumur tersebut sambil menjulurkan lidahnya karena kehausan. Lalu wanita itu melepas sepatunya (menimba air dengannya). Ia pun diampuni karena amalannya tersebut.” (HR. Muslim no. 2245)

Sahabat, Allah begitu luar biasa membalasi orang-orang yang bersedekah, Allah bahkan mengampuni seorang wanita pezina karena sedekah yang diberinya untuk binatang, maka sudah sesering apakah kita bersedekah? Semoga sekecil apapun sedekah kita akan diterima dan dibesarkan olehNya, aamiin. (SH)

Wakaf Sekarang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Facebook

Instagram