Cara Mempercantik Akhlak Muslim

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

mempercantik akhlak muslim

Sahabat, pernahkah melihat wanita bermake-up untuk mempercantik wajah maupun penampilannya? Waktu cukup lama bisa dihabiskan untuk mendapatkan riasan make up sempurna, mulai dari foundation, concealer dan contouring wajah. Belum lagi blush on yang membuat wajah tampak segar bersemu merah, dan lipstik yang membuat bibir tampak cerah merona.

Nah, jika sedemikian banyak yang rela wanita korbankan untuk tampil cantik, sudahkah kita terpikir untuk mempercantik akhlak kita habis-habisan? Kecantikan akhlak bernilai abadi, kecantikan akhlak lah yang dapat menarik cinta Allah dan segenap makhluk Nya yang beriman.

Baca Juga: Belum Pernah Wakaf Seumur-Umur?

Seorang berwajah kurang cantik pun akan tampak sangat cantik jika memiliki akhlak mulia dan menyenangkan hati. Sebaliknya, wanita dengan wajah cantik akan tampak buruk rupa jika akhlaknya tidak baik.

Kiat Mempercantik Akhlak Seorang Muslim

Tahukah bagaimana cara mempercantik akhlak seorang muslim? Pria dan wanita perlu melakukan beberapa treatment berikut:

1. Agar mata tampak cantik

Biasakan menjernihkan mata dengan menundukkan pandangan. Jaga penglihatan kita dari hal-hal yang diharamkan oleh Allah. Segera palingkan ke arah lain, melihat hal yang tidak baik.

2. Agar bibir cantik

Olesi bibir dengan kejujuran dan kata-kata yang baik. Sadari bahwa seorang yang mengaku beriman pada Allah tidak akan memperburuk bibirnya dengan kata-kata kotor, kasar, makian, atau celaan untuk orang lain.

Menjauhi bibir dari perkataan yang mengghibah, memfitnah, serta perdebatan. Juga biasakan bibir kita menyunggingkan senyuman ramah sebagai sedekah untuk semesta.

3. Agar tangan tampak indah

Akhlak tangan akan semakin tampak cantik jika kita mau meringankannya untuk membantu orang yang memerlukan bantuan. Betapa banyak orang yang abai melihat paku atau duri bergelimpangan di jalan raya, padahal sangat mungkin bisa mencelakakan manusia lainnya.

Maka biarkanlah tangan-tangan kita membersihkannya. Demikian pula, gunakan tangan kita untuk bersedekah pada orang lain, karena Rasulullah memberitahukan bahwa tangan di atas dengan maksud tangan yang memberi jauh lebih baik dari tangan di bawah alias tangan yang meminta.

Baca Juga: Wakaf Masjid Nabawi di Zaman Rasulullah

4. Agar kaki tampak bagus

Kaki kita tentu saja akan bertambah cantik akhlaknya dan berpahala jika mudah dibawa berjalan ke perkumpulan majelis yang baik serta menghindari tempat maksiat.

Sahabat, semoga Allah ilhamkan kita keinginan untuk mempercantik akhlak kita sebagai seperti kekasih-kekasih Allah. Semoga kita senantiasa dijauhkan dengan hal tidak baik di dunia fana. (SH)

Wakaf Sekarang