Pengertian Wakaf Uang untuk Investasi & Pembangunan

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Pengertian Wakaf Uang - Tabung Wakaf

 

Sahabat, tren wakaf menambah momen pembukaan awal tahun 2021 di Indonesia. Pengertian wakaf uang sebagai potensi aset terbesar di Indonesia membuat Presiden Indonesia Joko Widodo meluncurkan Gerakan Nasional Wakaf Uang (GNWU) pada Senin (25/1). Wakaf uang menjadi terobosan untuk mengurangi ketimpangan sosial untuk mewujudkan pemerataan pembangunan di pelosok tanah air.

Nah, demi mempercepat pembangunan nasional serta perbaikan fasilitas, Pemerintah Indonesia menggalakkan gerakan nasional wakaf uang. Jika ditelaah, wakaf yang dimaksud dapat berupa wakaf uang untuk investasi maupun wakaf melalui uang yang keduanya dapat mengurangi ketimpangan sosial dan pemerataan pembangunan di Indonesia.

Sejarah dan Pengertian Wakaf Uang

Pengertian Wakaf Uang _ Tabung Wakaf

Wakaf uang bermula sejak awal abad kedua hijriyah yang dipelopori oleh Imam Az-Zuhri. Beliau adalah seorang ulama terkemuka yang menganjurkan wakaf barang berupa dinar dan dirham untuk pembangunan ruang dakwah, sosial, dan pendidikan umat muslim.

Seiring berkembangnya zaman, wakaf uang mulai familiar di luar negeri seperti Turki. Negara tersebut melakukan wakaf uang sejak abad ke 15 yang mayoritas mengikuti madzhab Hanafi. Penelitian Profesor Murat Cikazca (2004) mengungkapkan bahwa hasil dari wakaf uang berhasil mengoptimalisasi pendidikan, kesehatan, dan kegiatan lainnya.

 

Baca juga: Sejarah Wakaf Uang, Investasi Kekal Sepanjang Hayat

 

Wakaf Uang Sebagai Investasi

Investasi - Tabung Wakaf

Pemerintah menekankan pentingnya redistibusi aset, perluasan akses permodalan, penguatan keterampilan dan perubahan budaya dalam mengatasi kemiskinan dan kesenjangan sosial.  Hal tersebut dapat dioptimalkan oleh wakaf dengan potensi aset 2000 triliun rupiah per tahun.

Sahabat mungkin masih bingung dengan wakaf uang yang kaitannya dengan lembaga keuangan syariah. Pada dasarnya, manfaat wakaf menyasar kalangan menengah ke bawah supaya mereka dapat merasakan fasilitas dan pelayanan yang lebih baik, bahkan bisa setara dengan golongan orang mampu.

Wakaf uang sebagai terobosan percepatan pembangunan sangat dibutuhkan, terutama untuk meningkatkan pembangunan sosial yang luluh lantak akibat bencana di tengah pandemi.

Agar Sahabat lebih mudah mengerti, berikut alur investasi wakaf uang : Sahabat sebagai wakif yakni pemilik harta benda berupa uang mempercayakan uang kepada nazir untuk dikelola. Istilahnya, nazir merupakan manajer pengelolaan. Nazir bekerja sama dengan lembaga keuangan syariah untuk pengelolaan.

Uang wakaf yang terhimpun akan diinvestasikan ke produk keuangan syariah, seperti deposito mudharabah, musyarakah, atau sukuk/ Surat Berharga Syariah Negara (SBSN). Dari hasil investasi, 90% akan dimanfaatkan untuk pemberdayaan masyarakat sebagai penerima manfaat (mauquf ‘alaih) dan 10% diberikan kepada nazir sebagai pengelola aset wakaf.

 

Baca juga: Pertanyaan Tentang Wakaf, Syarat & Ketentuan Saat Pandemi

 

Ingat, hasil investasi dibagikan kepada golongan yang membutuhkan. Tujuan dasar wakaf memang untuk pemerataan dan kemudahan bagi orang yang kurang mampu. Berdasarkan hukum Islam, barang wakaf, baik bergerak maupun tidak bergerak, tidak boleh dijual lagi demi keuntungan wakif.

Potensi Wakaf di Indonesia

Ilustrasi Menjahit - Tabung Wakaf

Potensi aset yang sedemikian besarnya jika dimanfaatkan melalui wakaf uang, maka dapat memberdayakan masyarakat Indonesia. Hasil investasi dari instrumen keuangan dapat dibagikan untuk UMKM yang terdampak pandemi/bencana dan program pembangunan sosial yang berdampak pada pemerataan Sustainable Development Goals (SGDs).

Berdasarkan data BPS 2020, persentase penduduk miskin di Indonesia bertambah sebesar 26,42 juta jiwa akibat pandemi Covid-19. Bayangkan, bagaimana jika mereka sakit di situasi yang tidak menentu seperti sekarang?  Pembangunan Rumah Sakit Hasyim Ashari untuk duafa dan lansia jadi bukti bahwa wakaf membantu dan meringankan supaya kesehatannya terjamin.

Lalu, pembangunan Khadijah Learning Center sebagai pusat pemberdayaan perempuan untuk menciptakan kemandirian. Dilansir dari kata data, survei Komisi Nasional Anti Kekerasan Terhadap Perempuan (Komnas Perempuan) menunjukkan adanya peningkatan 75% kasus kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) di masa pandemi.

Itulah pengertian wakaf uang sebagai fungsi investasi dan pembangunan. Mari, saling bantu dan meringankan dengan wakaf. Kontribusi Anda, sekecil apapun, merupakan cahaya bagi mereka yang membutuhkan. Mulai dari 10 ribu, Sahabat sudah bisa sebar kebaikan wakaf melalui banner di bawah atau klik di sini!

Wakaf Sekarang