Pria Sejati Adalah yang Shalat Berjamaah di Masjid 5 Waktu

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Shalat Berjamaah di MasjidSahabat, iklan rokok boleh saja mengklaim bahwa pria sejati adalah pria yang memakai produk mereka, akan tetapi di hadapan Allah, pria sejati adalah mereka yang senantiasa shalat berjamaah di masjid, 5 kali dalam sehari.

Anda mungkin beralasan sibuk atau masjid terlalu jauh dari rumah, tapi ketahuilah bahwa ada seorang kakek bernama Abdullah Al Asiri berusia 77 tahun, dengan kondisi tubuh cacat, hanya bisa berjalan dengan cara merangkak, namun ia senantiasa shalat di masjid, 5 waktu dalam sehari.

Bahkan setiap hari Jum’at ia merangkak berjalan dengan kedua sandal di tangannya sejauh 3 kilometer untuk melaksanakan shalat Jum’at berjamaah di masjid. Sungguh kakek tersebut telah menuruti wasiat Rasulullah, dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu meriwayatkan bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

“Jikalau manusia mengetahui apa yang ada di dalam adzan dan shaf pertama, kemudian mereka tidak mendapatkan hal itu kecuali dengan berundi atasnya maka niscaya mereka akan berundi, jikalau mereka mengetahui apa keuntungan bersegera pergi ke masjid maka niscaya mereka akan berlomba-lomba kepadanya, jikalau mereka mengetahui apa yang ada di dalam shalat isya’ dan shalat shubuh maka niscaya mereka akan mendatangi keduanya walau dalam keadaan merangkak,” (HR. Bukhari dan Muslim)

Baca Juga: Shalat Istikhoroh Solusi Berbagai Persoalan Hidup

Sahabat, bukankah kakek tersebut telah membuktikan bahwa dirinya adalah seorang pria sejati? Bagaimana dengan Anda? Apakah masih sering mengemukakan alasan yang menjadi uzur untuk tidak shalat berjama’ah? Dan juga wahai para wanita, sudahkah mendidik putra Anda menjadi pria sejati dan sabar mengingatkan suami untuk terus berjama’ah di masjid?

Mengapa shalat 5 waktu di masjid menjadi penanda kesejatian seorang pria?

1. Shalat lima waktu di masjid menandakan ketaatan pada Sang Pencipta

Mungkin banyak yang menganggap perbuatan membangkang itu keren, namun faktanya… justru sikap taat sepenuh kesadaran tanpa perasaan terintimidasi itu adalah yang lebih dahsyat dan hebat!

Bayangkanlah seseorang yang berani ‘membangkang’ terhadap bos yang memberinya uang, pakaian, makanan, bahkan menjamin kesehatannya, bukankah pembangkang seperti itu merupakan orang tak tahu malu?

Demikian pulalah seseorang yang tak taat pada perintah Tuhan yang telah menciptakannya, yang telah memberinya udara untuk bernafas, lima panca indera, bahkan kebebasan menjalani hidup, sungguh tak tahu malu jika kita malah berani melanggar perintahNya entah karena malas, lalai, atau alasan apapun, bukankah Allah telah menyuruh para muslimin untuk mendirikan shalat berjama’ah:

“Dan dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat dan ruku’lah beserta orang-orang yang ruku’!” (QS. Al-Baqarah: 43)
Ibnul Qayyim Al-Jauziyah rahimahullah berkata, “Makna firman Allah “Ruku’lah beserta orang-orang yang ruku’, faidahnya yaitu tidaklah dilakukan kecuali bersama jamaah yang shalat dan bersama-sama.”
Bisa dikatakan seorang pria yang mampu mengendalikan egonya dan tetap menaati penciptanya merupakan pria tulen dan keren!

2. Shalat berjamaah di masjid memperlihatkan kecerdasan

Jika ditawarkan uang 1 Milyar dengan 27 Milyar, manakah yang Anda pilih? Tentu yang 27 kali lipat lebih besar dan menguntungkan bukan? Itu tandanya Anda cerdas dalam memilih. Demikian pula orang yang memilih shalat berjama’ah di masjid daripada sendirian di rumah, karena pahala shalat berjama’ah 27 kali lipat lebih besar:
“Shalat berjamaah itu lebih utama daripada shalat sendirian dengan 27 derajat.” (HR. Muslim)

3. Shalat berjamaah di masjid menunjukkan kepandaian memenej waktu
Memang tidak mudah memastikan diri untuk selalu shalat tepat waktu, ada kalanya kita sedang terjebak kemacetan di jalan, atau sedang berada di tengah-tengah meeting penting, oleh sebab itu orang yang mampu konsisten senantiasa shalat berjama’ah di masjid hanyalah orang yang pandai memenej waktu dan paham prioritas hidup.
Sahabat, itu barulah 3 alasan dari sekian banyak keutamaan shalat di masjid, berjama’ah dan tepat waktu. Semoga tulisan ini mampu mengingatkan kita kembali, khususnya kaum pria untuk senantiasa shalat berjama’ah di masjid dalam rangka membuktikan pada Allah bahwa Anda adalah seorang pria sejati! (SH)

Wakaf Sekarang