Enam Tahun Sakit, Pertama Kali Rafiudin Nikmati Fasilitas Rumah Sakit

Bapak Rafiudin (Penerima manfaat wakaf) tengah memerikasakan penyakitnya ke RS Griya Medika Dompet Dhuafa

TULANG BAWANG — Jalannya sudah mulai tertatih, ketika tim kesehatan dari RS Griya Medika Dompet Dhuafa menghampiri rumahnya. Rafiudin (73), adalah salah satu penerima manfaat wakaf RS Griya Medika, ia adalah warga Tunggal Warga, Banjar Agung, Tulang Bawang, Lampung, masih saja terbatuk-batuk. Meski dalam kondisi tersebut, ia tetap menyapa dengan hangat.

“Silahkan masuk mas. Saya ganti baju sebentar,” ucapnya, sambil masuk untuk mengganti pakaian.

Kakek sepuluh cucu tersebut, menempati sebuah rumah bantuan dari warga setempat. Di Rumah semi permanen tersebut, ia menumpang bersama anak bungsunya. Sudah enam tahun terakhir, Rafiudin berhenti bekerja sebagai penjual tempe, profesi yang ia tekuni sedari ia muda. Faktor kesehatan dan stamina yang sudah tidak prima, memaksanya pensiun sebagai tulang punggung keluarga.

“Sudah ngos-ngosan mas, sesak nafas, sudah nggak kuat,” terangnya, menjelaskan penyakit yang ia sadari enam tahun lalu.

Dokter mendiagnosa Rafiudin, ia menderita gangguan organ paru-paru. Sehingga membuatnya kesulitan untuk bernafas.

Sebulan terakhir, Rafiudin telah mendapatkan pelayanan kesehatan gratis dari RS Griya Medika Dompet Dhuafa, Tulang Bawang. Sesuatu yang mewah bagi Rafiudin untuk mendapatkan pelayanan kesehatan di sebuah rumah sakit. Sejak ia sakit enam tahun lalu, ia tidak pernah sekalipun datang ke rumah sakit. Rafiudin hanya memeriksakan kesehatan di puskesmas terdekat. Masalah biaya, membuat Rafiudin enggan dan takut datang ke rumah sakit.

“Tahu sendiri mas, kalau ke rumah sakit biayanya mahal. Mana bisa saya bayarnya,” keluh Rafiudin.

Sebulan lalu, RS Griya Medika Dompet Dhuafa hadir di Tulang Bawang. Rafiudin menjadi salah satu penerima manfaat. Untuk pertama kalinya, ia mendapatkan layanan kesehatan standar rumah sakit. Bahkan, Rafiudin tidak perlu khawatir akan biaya obat-obatan.

“Alhamdulillah, senang sekali saya bisa periksa di rumah sakit, di cek oleh dokter. Baru sekarang bisa seperti ini,” jelasnya. (Dompet Dhuafa/Zul)

Baca juga:

Penerima Manfaat Wakaf Produktif 

Edi Saputra : Nyata, Manfaat dari Program Dompet Dhuafa

Berjuang Untuk Sembuh

Wakaf Sekarang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *