Rahasia Sedekah: Obat untuk Orang Sakit

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Rahasia Sedekah sebagai Obat

Sangat banyak keistimewaan sedekah yang disebutkan dalam Al Qur’an maupun yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW. Salah satu keistimewaan sedekah adalah penawar berbagai jenis penyakit jasmani. Sebagaimana sabda Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassalam yang diriwayatkan oleh Syaikh Albani.

“Obatilah orang yang sakit diantara kalian dengan sedekah”

Begitu banyak kisah yang menceritakan bahwa sedekah mampu mengobati penyakit, bahkan penyakit yang tidak bisa disembuhkan dengan pengobatan medis. Salah satunya adalah kisah seorang pemuda yang sembuh setelah hartanya disedekahkan kepada kaum fakir.

Baca Juga: Melepas Hasrat Dunia, Perbanyak Sedekah Jariyah

Kisah Pemuda yang Sembuh Karena Sedekah

Ceritanya bermula ketika suatu hari pemuda tersebut tiba-tiba jatuh pingsan di tengah perjalanannya ke suatu tempat. Dia merasakan seperti ada peluru yang menembus kepalanya. Setelah melakukan pemeriksaan dan rontgen di berbagai rumah sakit, hasilnya tidak ditemukan apa-apa, kepalanya sehat-sehat saja. Namun pemuda tersebut terus mengeluh sakit yang membuatnya tidak bisa berbaring dan hal ini berlangsung lama. Bahkan jika sakitnya parah, ia susah bernafas apalagi bicara.

Suatu ketika datanglah saudaranya lalu bertanya “Apakah engkau mempunyai harta yang bisa kami sedekahkan? Semoga saja Allah subhanahu wata’ala menyembuhkanmu?” Pemuda itu menjawab, “Ada”. Lalu ia memberikan kartu ATMnya dan saudaranya tersebut pergi mencairkan dana dari kartu tersebut sekitar lima ribu real. Setelah itu saudaranya menghubungi salah seorang yang Shalih yang mengenal beberapa orang fakir, agar membagikan uang tersebut kepada mereka. Subhanallah, pemuda tersebut sembuh hari itu juga. Sudah satu tahun berlalu, dia tidak mengeluh sakit di kepalanya lagi.

Sedekah yang Selalu Mengalir Pahalanya

Demikianlah sedekah mempunyai pengaruh yang besar bagi kesembuhan penyakit seseorang. Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam juga mengobati dengan obat ruhiyyah dan obat ilahiyyah. Para Salafus Shalih juga mengeluarkan sedekah yang sepadan dengan penyakit dan musibah yang menimpa mereka. Apalagi jika sedekah yang kita keluarkan adalah sedekah jariah (biasa disebut Wakaf).

Bukan hanya kesembuhan dari penyakit saja yang kita rasakan, tetapi pahalanya akan terus mengalir sampai kita meninggalkan dunia ini nanti selama harta yang kita sedekahkan dimanfaatkan. Berilah makan orang fakir, atau tanggunglah beban anak yatim, atau wakafkanlah hartamu, atau keluarkanlah sedekah jariahmu. Sungguh sedekah dapat menghilangkan penyakit dan rintangan, baik berupa musibah maupun cobaan.

Baca Juga: Wakaf Tunai Untuk Ventilator, WaCIDS Dukung Petugas Medis

Jangan engkau membatasi diri dengan sedekah untuk dirimu sendiri. Ketahuilah bahwa rahasia dari sembuhmu adalah sedekah. Jika engkau tidak sembuh total, ketahuilah engkau sebenarnya telah disembuhkan walau sedikit. Keluarkan sedekah lagi, perbanyak sedekah semampumu. Jika engkau masih belum sembuh, mungkin Allah subhanahu wata’ala memperpanjang sakitmu untuk sebuah hikmah yang dikehendaki-Nya atau karena kemaksiatan menghalangi kesembuhanmu. Jika demikian cepatlah bertaubat dan perbanyak do’a di sepertiga malam terakhir.

Wallahu’alam bis shawab.

Wakaf Sekarang