Ramadhan dan Kesalehan Sosial

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Ramadhan adalah momen yang tepat dimana kita harus meningkatkan kepedulian kita. Mengapa? Karena dalam hadits dikatakan bahwasanya rasulullah adalah orang yang tidak diragukan lagi kedermawanannya, dan beliau lebih dermawan lagi di saat bulan Ramadhan. Kalau beliau saja yang sudah dijanjikan kebahagiaan syurga oleh Allah, masih memberikan apapun yang ia miliki untuk orang lain, maka pantaslah bagi kita untuk senantiasa mengikuti akhlak beliau yang begitu dermawan agar kita menjadi umat yang dicintai oleh Allah dan Rasul-Nya. Dikatakan dalam hadits “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah orang yang paling dermawan. Dan beliau lebih dermawan lagi di bulan Ramadhan saat beliau bertemu Jibril. Jibril menemuinya setiap malam untuk mengajarkan Al Qur’an. Dan kedermawanan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melebihi angin yang berhembus.” (Riwayat Bukhari)

Ramadhan adalah bulan penuh keberkahan, dimana setiap amal ibadah yang kita lakukan akan dilipat gandakan nilainya di mata Allah SWT. Berbagilah pada bulan mulia ini, walaupun hanya dengan sebutir kurma begitu nasihat Rasulullah, “Orang yang memberikan hidangan berbuka puasa kepada orang lain yang berpuasa, ia akan mendapatkan pahala orang tersebut tanpa sedikitpun mengurangi pahalanya.” (HR. At Tirmidzi)

Dibulan Ramadhan ini, Tabung Wakaf Indonesia (TWI) mengadakan program kajian bertemakan ‘Ramadhan dan Kesalehan Sosial’ office to office atau mengisi kajian dari satu perusahaan ke perusahaan lainnya. Dengan mengangkat tema tersebut diharapkan masyarakat dapat meningkatkan tidak hanya kesalehan pribadi (ibadah ruhiyah) namun juga dalam hal kesalehan sosial (ibadah maaliyah) yang berupa kepedulian terhadap kaum dhuafa. Ladang ibadah tersebut seperti zakat, infaq, sedekah kemudian disempurnakan oleh wakaf. Tujuan utama program ini sebagai upaya mempublikasikan manfaat dari berwakaf, apabila kita telah menunaikannya maka ia merupakan investasi untuk akhirat yang terus mengalir pahalanya selama apa yang diwakafkan tersebut terus memberikan manfaat bagi orang banyak (atau amal jariyah). Kajian diadakan sejumlah 17 kali di 13 perusahaan, diantaranya : Aetra Kelapa Gading, Aetra Buaran, Bank Bukopin Syariah, BNI Syariah, BTPN, Donggi LNG, Manulife, Jasa Raharja, Icon Plus, Tripatra, Citra Sari Makmur, AUTO 2000 dan Qur’an Learning Center (QLC). Program sosialisasi inipun disambut baik oleh jama’ah yang merupakan karyawan dari perusahaan-perusahaan tersebut, beberapa diantaranya menyalurkan donasi wakaf di tempat pada saat kajian diadakan kepada pihak TWI.

Program ini akan terus dilanjutkan setelah bulan ramadhan nanti, karena tugas TWI untuk menyebarkan edukasi tentang wakaf di masyarakat harus semakin meluas. Apabila perusahaan atau komunitas anda belum dikunjungi dan ingin bersinergi dengan pihak TWI untuk menjelaskan manfaat berwakaf, dapat menghubungi bagian community relationship officer kami. [feb]

Wakaf Sekarang