RS Hasyim Asyari Untuk Dhuafa

Rumah Sakit Hasyim Asyari Dompet Dhuafa merupakan rumah sakit keenam yang dibangun dari dana ummat melalui Dompet Dhuafa. Tanah seluas 1 hektar yang menjadi tempat didirikannya, merupakan wakaf dari keluarga besar K.H Hasyim Asyari.

Kehadiran RS Hasyim Asyari Dompet Dhuafa diharapkan dapat menyempurnakan lingkungan Pondok Pesantren Tebuireng dalam menebar manfaat bagi masyarakat Jombang. Rumah Sakit ini akan melayani kebutuhan masyarakat, berlandaskan kesetaraan akses layanan kesehatan.

Dibangun tiga lantai, RS Hasyim Asyari Dompet Dhuafa memenuhi fasilitas dan pelayanan sebagai Rumah Sakit Tipe C. Hal ini mendasar, dengan memilih Tipe C maka RS Hasyim Asyari dapat melayani lebih banyak dhuafa.

 

KERJA SAMA KEBAIKAN DOMPET DHUAFA DAN PONDOK PESANTREN TEBUIRENG

Manfaat yang dirasa dan dilihat. Ungkapan inilah yang mewakilkan rasa para donatur saat berkunjung ke RS Rumah Sehat Terpadu Dompet Dhuafa di Parung, Bogor, Jawa Barat.

Kunjungan pertama Salahuddin Wahid (Gus Sholah) ke RS Rumah Sehat Terpadu Dompet Dhuafa menjadi sejarah inisiasi pendirian RS Hasyim Asyari Dompet Dhuafa di Jombang. Agenda keliling di beberapa ruang rumah sakit memantapkannya untuk membuka bentangan kebaikan di Jombang-Jawa Timur.

Kita mulai di Pondok Pesantren Tebuireng,” kata Gus Sholah.

Hingga beberapa bulan setelahnya ada kesepakatan antara Dompet Dhuafa dan keluarga besar K.H Hasyim Asyari untuk mewakafkan sebidang tanah seluas satu hektar. Lokasinya masih dalam lingkungan Pesantren Tebuireng di Jombang. Tidak jauh dari sebidang tanah itu terletak Makam Gusdur yang atap kubahnya terlihat dari kejauhan.

 

PELETAKAN BATU PERTAMA

19 September 2018 menjadi tanggal bersejarah untuk RS Hasyim Asyari-Dompet Dhuafa. Pada tanggal tersebut, dilaksanakan peletakan batu pertama yang dihadiri langsung oleh Mundjidah Wahab, Plt Bupati Jombang saat itu.

Dalam sambutannya, ia mengatakan bahwa jumlah dhuafa hingga 2016 masih ada di angka 29 juta. Adanya RS Hasyim Asyari Dompet Dhuafa, diharapkan dapat menjadi pendorong kebaikan bagi bidang kesehatan masyarakat di Jombang.

Pada kesempatan yang sama, Bank CIMB Niaga Syariah memberikan wakaf tunai senilai 450 juta rupiah. Dana abadi itu diperuntukan bagi ruang Instalasi Gawat Darurat (IGD) RS Hasyim Asyari Dompet Dhuafa. Penyerahan donasi dilakukan secara langsung oleh Diah R. Paramaiswari selaku Head of Syariah Consumer & Business Management Bank CIMB Niaga Syariah.

Harapan Bank CIMB Niaga Syariah, bantuan yang diberikan ini dapat mempercapat proses pembangunan RS Hasyim Asyari-Dompet Dhuafa kemudian dapat segera dimanfaatkan oleh warga yang membutuhkan.

 

LOKASI RS HASYIM ASYARI DOMPET DHUAFA

 

DESAIN BANGUNAN RS HASYIM ASYARI (3D)

KABAR WAKAF

DONASI SEKARANG

atau melalui transfer bank:


Bank Muamalat 301-007-0543

 

BNI

BNI 016.453.2461

 

 

Wakaf Sekarang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *