4 Rumah Sakit Tertua di Dunia Berasal dari Wakaf, Yuk Lihat!

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

asal usul rumah sakit tertua di sejarah islam berasal dari wakaf

Pembangunan rumah sakit sudah semestinya memikirkan aspek keadilan untuk sosial. Dalam peradaban Islam, setidaknya ada 4 rumah sakit tertua dan populer yang berasal dari wakaf, disebut sebagai bimaristan.

Kesehatan merupakan hak untuk segala kalangan. Salah satu cara menjaga kesehatan adalah berkunjung ke rumah sakit. Adanya rumah sakit (RS) bukan untuk menciptakan orang sakit, tetapi mengobati hingga mencegah orang sehat menjadi sakit.

Sejarah Islam mencatat, rumah sakit pertama kali dibangun pada era Khalifah Al-Walid I yang memerintah dinasti Umayyah tahun 705-715 M/ 86-96 H. Al-Walid I membangun rumah sakit yang berasal dari tanah wakaf di wilayah Damaskus, Suriah.

Rumah sakit bukan hanya berjaya di era Al-Walid, namun juga di masa Khalifah Harun Ar-Rasyid di kawasan Baghdad pada abad ke-9. Yuk, kenalan lebih jauh dengan 4 rumah sakit tertua yang berasal dari tanah wakaf!

1. Bimaristan Al Nuri, Rumah Sakit dan Kampus Kedokteran

Bimaristan Al Nuri Damaskus

Bimaristan Al Nuri di Damaskus merupakan rumah sakit wakaf tertua di Syria (foto: Islamic Architectural Heritage)

Rumah sakit tertua yang pertama berada di kawasan Damaskus, Suriah. Bimaristan Al Nuri dekat dengan Pasar Al Hamidiyyeh, di sebelah selatan Masjid Agung Umayyah. Sultan Zangid Nuruddin Mahmud bin Zangi mendirikan bangunan utama pada tahun 1154/548 H.

Lalu, penambahan luas bangunan dilakukan pada tahun 1242 oleh seorang dokter bernama Badr al-Din. Perluasan dilakukan untuk melayani lebih banyak pasien tanpa mengorbankan bentuk asli bangunan.

Baca juga: Jangan Takut ke Rumah Sakit, RST Dompet Dhuafa Terapkan Protokol Covid-19

Bangunan yang berdiri di atas tanah wakaf ini memiliki kedudukan penting sebagai lembaga medis. Pada era kejayaannya, bangunan ini terus beroperasi hingga awal abad ke 20. Kini, Bimaristan Al Nuri beralih fungsi sebagai museum kedokteran Islam dan digantikan oleh rumah sakit universitas.

Mengutip dari Archnet.org, struktur asli rumah sakit ini masih utuh, memperlihatkan desain arsitektur Seljuk dari segi denah, bentuk, dan elemen ornamennya.

2. Bimaristan Sultan Qalawun, RS Antik di Kompleks Indah

Bimaristan Sultan Qalawun

Arsitektur di Kompleks Qalawun yang terletak di Jalan Al-Mui’zz (foto: re-thinking future)

Lanjut lagi ke lokasi berbeda, kali ini Sahabat belajar tentang sejarah Bimaristan Sultan Qalawun yang berada di Kairo, Mesir. Melansir dari Archnet.org, Maristan atau rumah sakit merupakan bagian dari kompleks Qalawun yang terletak di Jalan Al-Mui’zz.

Selain rumah sakit, terdapat makam pendiri dan madrasah di kompleks yang indah tersebut. Makam “Sultan Qalawun” dianggap sebagai makam terindah ke-2, setelah Taj Mahal di India.

Untuk rumah sakit, bangunan bersejarah tersebut dibangun pada tahun 1284 M/ 683 H oleh penguasa Dinasti Mamluk, yaitu Sultan Amir ‘Alam Al-Din Sanjar Al-Shuja’i. Selain memiliki arsitektur khas timur tengah, rumah sakit dilengkapi dengan berbagai fasilitas, seperti oftalmologi (spesialis mata), 100 tempat tidur untuk orang sakit atau rawat inap, perpustakaan, dan apotik.

3. Bimaristan Divrigi, RS Wakaf Masuk Situs Warisan Dunia

Bimaristan Divrigi di Turki

Bimaristan Divrigi masuk situs warisan dunia UNESCO (foto: Tripadvisor)

Bimaristan Divrigi adalah salah satu rumah sakit wakaf tertua yang berlokasi di Turki. Maristan (rumah sakit) terletak di kota kecil Divrigi di Anatolia Timur, sekarang di Provinsi Sivas, Turki. Bangunan multifungsi ini digunakan sebagai masjid dan kompleks pengobatan.

Karena sejarahnya yang kental, pada tahun 1985 rumah sakit ini resmi menjadi situs warisan dunia UNESCO. Mengutip dari situs UNESCO, wilayah Anatolia ini ditaklukkan oleh Turki pada awal abad ke-11. Pada 1228 hingga 1229, Emir Ahmet Shah mendirikan sebuah masjid, dengan rumah sakit yang bersebelahan, di Divrigi. Pembangunan dipimpin oleh arsitek Hürremshah dari Ahlat.

4. Sejarah Rumah Sakit Tertua di Baghdad

Wakaf Rumah Sakit Tertua di Dunia

Mari tengok ke Baghdad, Irak. Kota yang memiliki julukan Negeri 1001 Malam itu menyimpan banyak budaya dan beragam pemikiran. Baghdad memang sudah tua, tetapi tidak kuno karena kota ini berhasil menciptakan sejarah hebat dalam desain tata kota. Salah satunya yaitu Baghdad memiliki rumah sakit terpenting sebagai upaya pemerataan fasilitas kesehatan untuk segala kalangan.

RS terpenting di Baghdad dibangun pada tahun 982 M/ 372 H oleh Adud ad-Dawlah. Rumah sakit hasil wakaf tersebut memiliki 25 dokter andal dan beberapa perawat sebagai bentuk pengabdian terhadap masyarakat. Rumah sakit pun melayani semua kalangan, baik muslim atau non muslim.

Bagaimana Keadaan Rumah Sakit Wakaf di Indonesia?

Rumah Sakit Hasyim Asyari

Peraturan-peraturan yang telah dikeluarkan oleh pemerintah RI tersebut, terlihat adanya usaha-usaha untuk menjaga dan melestarikan tanah wakaf yang ada di Indonesia, bahkan usaha penertibannya pun diperlihatkan oleh Pemerintah.

Di samping beberapa peraturan yang telah dikemukakan, Departemen Agama pada tanggal 22 Desember 1953 juga mengeluarkan petunjuk-petunjuk mengenai wakaf. Seperti adanya jawatan usrusan Agama pada Surat Edaran Jawatan Urusan Agama tanggal 8 Oktober 1956, No. 3/D/1956 tentang wakaf yang bukan milik tentang masjid.

Wakaf produktif bisa diimplementasikan untuk pengadaan dan pengelolaan rumah sakit. Jika rumah sakit sudah berdiri, pasien yang mampu bisa membayar rumah sakit dan akan digunakan untuk kepentingan operasional rumah sakit. Selain itu, biaya yang masuk juga bisa untuk subsidi silang membiayai pasien dhuafa yang tidak mampu.

Hal ini yang juga dilakukan oleh Dompet Dhuafa di berbagai rumah sakit wakaf untuk dhuafa yang dikelolanya. Misalnya seperti RS. Rumah Sehat Terpadu di Parung Bogor, RS. AK Medika Sribhawono Lampung, RS. Hasyim Asyari di Jombang yang saat ini sedang dibangun, dsb.

Jadi, wakaf bukan hanya tanah atau masjid, ya! Bisa meluas sampai ke aspek kesehatan. Kalau masih ragu, tonton dulu video singkat ini, yuk!

 

Nah, mulai dari 10 ribu, Sahabat Dompet Dhuafa sudah bisa menebar kebaikan bagi para dhuafa untuk mendapatkan akses serta proteksi kesehatan yang andal dan mumpuni.

Berwakaf 10 ribu, namun sendiri tidaklah terbayang. Kalau bareng-bareng, maka terasa lebih ringan! Yuk, klik berwakaf di sini atau banner di bawah sekarang juga!

 

Wakaf Sekarang