Sedekah Lewat Kata

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
sedekah lewat kata, sedekah kata

Foto: Based Photo by Pixabay

 

Sahabat, tentu sudah tahu bahwa sedekah tidak berbatas pada harta, tapi sadarkah bahwa hal yang amat ringan seperti kata-kata yang terlontar dari lidah kita pun bisa menjadi sedekah?

Lalu, apa sajakah yang tergolong sedekah kata?

Berikut ini beberapa sedekah kata yang bisa kita praktikan agar semakin banyak investasi akhirat yang kita kumpulkan:

1. Dzikir

Sungguh ringan, hanya dengan membasahi lisan kita dengan dzikrullah, maka saat itulah kita sedang bersedekah.

Bukankah Allah telah menjadikan untukmu sesuatu yang dapat disedekahkan? Yaitu, setiap kali tasbih adalah sedekah, setiap tahmid adalah sedekah, setiap tahlil adalah sedekah,” (HR. Muslim)

2. Memerintahkan berbuat baik

Jangan malas mengingatkan orang lain berbuat baik, karena hanya dengan berkata-kata demikian saja, artinya kita telah melakukan sedekah.

Menyuruh pada kebaikan adalah sedekah.” (HR. Muslim)

3. Melarang berbuat zalim atau maksiat

Banyak yang beralasan “bukan urusan saya!” sehingga tidak peduli pada kezaliman yang dilakukan orang lain, padahal setiap kali kita melarang seseorang melakukan maksiat atau keburukan, maka saat itu kita telah menunaikan sedekah.

Melarang kemungkaran adalah sedekah,” (HR. Muslim)

4. Berkata-kata yang baik dan lembut

Mengapa memilih kata yang kasar dan menyakitkan jika mengucapkan sesuatu yang baik saja telah bernilai sedekah? Biasakanlah berkata-kata yang baik dan lemah lembut karena Rasulullah bersabda,

Ucapan yang baik adalah sedekah,” (Muttafaq ‘alaih)

5. Mengajarkan ilmu

Barangsiapa yang menunjuki kepada kebaikan maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya.” (HR. Muslim no. 1893).

Mengajarkan ilmu atau kebaikan pada seseorang juga merupakan sedekah, dan kita diberi ganjaran selama orang tersebut menggunakan ilmu yang kita ajarkan.

Subhanallah Sahabat, demikianlah beberapa sedekah kata yang sangat bisa kita praktikan dalam kehidupan sehari-hari, semoga bermanfaat dan senantiasa bersemangat untuk melakukan sedekah dengan apapun yang kita miliki. (SH)

Baca: Menghilangkan Rasa Malas Bersedekah

Wakaf Sekarang