Inilah Syarat Mendapatkan Surga

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

syarat mendapatkan surgaSaat ini mungkin banyak yang berpikir, apa sih yang tidak bisa dibeli dengan uang?

Ya, memang beruntung orang-orang yang Allah titipkan banyak uang dan harta benda di dunia ini, itulah salah satu kekuatan dahsyat yang bisa membeli banyak hal, bahkan faktanya… surga pun bisa dibeli dengan uang!

Sayang, banyak manusia yang tidak terpikirkan untuk membeli surga. Kalaupun ada, dianggapnya surga begitu murah, bisa dibeli dengan hanya beberapa digit Rupiah.

Sesungguhnya Allah telah membeli dari orang-orang beriman, diri dan harta mereka, dengan memberikan surga untuk mereka.” (QS. At-Taubah: 111)

Padahal surga tak bisa sekadar dibeli dengan seonggok uang, ada syarat lain yang perlu dipenuhi agar surga mampu kita beli. Berikut ini beberapa syarat-syarat mendapatkan surga:

1. Keimanan

Sebanyak apapun masjid dan pondok pesantren yang dibangun dengan harta milik kita, tak akan bisa membeli surga jika tak disertai dengan keimanan.

Baca Juga: Tanda-tanda Hubungan yang Baik dengan Allah

Dan sampaikanlah berita gembira kepada mereka yang BERIMAN dan berbuat baik, bahwa bagi mereka disediakan surga-surga yang mengalir sungai-sungai di dalamnya.” (Q.S. Al Baqarah: 25)

2. Kepastian halalnya harta yang diperoleh

Surga memang bisa dibeli dengan harta kita melalui sedekah, wakaf, dan sebagainya, namun pastikanlah kebersihan sumber harta tersebut!

Hai manusia, sesungguhnya Allah itu baik, tidak menerima sesuatu kecuali yang baik.” (HR. Bukhari Muslim)

Apakah harta yang diperoleh dengan cara bathil, entah itu melakukan korupsi, mengembangbiakkan harta secara riba, atau melacurkan diri, bisa membeli surga Allah? Amat malang orang yang berpikir demikian!

“Dan memang, harta itu, hisabnya (pertanggung jawaban di hadapan Allah) dua hal; dari mana (dengan cara apa) diperoleh, dan untuk apa dipergunakan.” (HR. Tirmidzi dari Abu Barzah R.A.)

3. Tidak melakukan dosa besar yang tak terampuni

Dari Ibnu Mas’ud, ia berkata bahwa di antara dosa besar yang terbesar adalah berbuat syirik pada Allah, merasa aman dari murka Allah dan merasa putus asa dan putus harapan dari ampunan Allah.” (HR. Thabrani)

Adakah kita menduakan Allah dengan makhlukNya? Misalnya mencintai pasangan hidup dan anak-anak lebih daripada cinta pada Allah? Maka sesungguhnya kita telah berbuat syirik meski tidak disadari.

Lalu, adakah dalam hati kita secuil perasaan aman dari murka Allah? Merasa harta yang kita miliki dapat melindungi diri kita dari marabahaya. Dengan demikian, kita telah melakukan kekeliruan yang besar.

Namun demikian, penting bagi setiap muslim untuk tidak berputus asa dari rahmat Allah, tidak putus harapan dari ampunan Allah. Sebesar apapun dosa kita, ampunan Allah jauh lebih besar dari itu semua.

4. Tidak berbuat zalim pada manusia

Sesungguhnya dosa besar itu atas orang-orang yang berbuat zalim kepada manusia dan melampaui batas di muka bumi tanpa hak. Mereka itu mendapat azab yang pedih.” (Q.S. Asy Syura: 42)

Bagi para calon pembeli surga, jauhkanlah diri dari perbuatan zalim kepada sesama manusia! Sangat mungkin transaksi kita membeli surga gagal karena ada satu-dua manusia yang tidak ridho pada kesalahan yang pernah kita lakukan pada mereka.

Baca Juga: Belum Pernah Wakaf Seumur-Umur?

Sahabat, itulah beberapa syarat dalam mendapatkan surga. Harta yang kita miliki sangat bisa membeli surga selama kita memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku tersebut, in syaa Allah.

Lantas, sudah siapkah kita untuk mendapatkan surgaNya? (SH)

Wakaf Sekarang