TWI Salurkan Surplus Wakaf Produktif

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Berlokasi di Kantor Pusat Dompet Dhuafa di bilangan Ciputat, Tabung Wakaf Indonesia (TWI) menyerahkan secara simbolis surplus wakaf produktif tahun 2011 kepada Dompet Dhuafa. Surplus wakaf produktif yang disalurkan mencapai Rp. 144,7 juta untuk didayagunakan dalam program pendidikan, kesehatan, dan sosial umum lainnya. Penyerahan dilakukan oleh Urip Budiarto (Direktur Tabung Wakaf Indonesia) kepada Ismail A. Said (Presdir Dompet Dhuafa).

Surplus yang diserahkan merupakan alokasi khusus untuk penerima manfaat (mauquf alaih) dimana sebesar 50% dari total surplus wakaf produktif yang dihasilkan oleh TWI sepanjang 2011. Bagian lain dari surplus dialokasikan untuk komponen pemeliharaan dan reinvestasi (40%) serta operasional lembaga (10%).

Hingga saat ini, TWI telah mengelola beberapa aset wakaf produktif yang diamanahkan masyarakat, antara lain ruko, gedung pertemuan, sekolah, lapangan futsal, sentra penukaran dinar-dirham, dan saham. Di tahun 2012 ini, TWI mengembangkan program wakaf produktif berupa perkebunan sengon, pembangunan 40 pintu rumah sewa dan apartemen 3 lantai yang seluruhnya dibangun di atas lahan wakaf.

“Surplus wakaf produktif yang kami salurkan ini merupakan wujud komitmen dalam memproduktifkan wakaf di Indonesia. Mohon doa agar kami bisa menghasilkan surplus wakaf produktif yang lebih besar di tahun depan” papar Urip Budiarto.

Dalam sambutannya, Ismail A Said menyampaikan syukurnya atas penyaluran wakaf produktif yang telah diserahkan. “Di masa depan, saya berdoa dan yakin bahwa surplus wakaf produktif akan menjadi salah satu sumber pendanaan pengentasan kemiskinan yang melengkapi kekuatan zakat, infak dan sedekah di Indonesia”, tutup Ismail. (YGK)

Insert Foto (Ki-ka): Ismail A. Said (Presdir Dompet Dhuafa), M. Arifin Purwakananta (Dir. Komunikasi dan Penghimpunan Dompet Dhuafa), Ahmad Juwaini (Dir. Eksekutif Dompet Dhuafa), Muhammad Thoriq (Direktur Program Dompet Dhuafa), Urip Budiarto (Direktur TWI)

Wakaf Sekarang