Apa yang Bisa Dilakukan dengan Uang 10 Ribu?

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Apa yang Bisa Dilakukan dengan Uang 10 Ribu?

 

Bagi sebagian orang, uang Rp10.000 itu rasanya sedikit sekali. Tapi sadar atau tidak, uang 10 ribu itu bisa bermanfaat buat banyak hal, lho!

Sedikit atau banyak rezeki yang kita miliki, lebih baik disyukuri terlebih dahulu. Karena dengan syukur, akan lahir bahagia dan kebermaknaan yang lain. Daripada penasaran, yuk kita lihat apa saja yang bisa sahabat lakukan dengan uang 10 ribu?

  1. Bisa membuatmu kenyang

Kalau kamu lapar, coba mampir ke penjual gorengan atau warteg pinggir jalan. Dengan 10 ribu kamu sudah bisa kenyang, lho. Menikmati nasi dengan tempe, tahu, dan sedikit sayur atau bisa juga dengan lontong dan beberapa gorengan.

Kalau kamu tidak cocok dengan makanan yang dijual di warteg, coba yuk bikin menu masakan sendiri. 10 ribu itu sudah cukup untuk membeli bahan makanan seperti tahu, tempe, ikan, atau sayur-sayuran lengkap dengan bumbunya. Sediakan nasi di rumah dan bahan-bahan pendukung yang tersedia di rumah.

Jadi, jangan meremehkan uang 10 ribu ya. Ternyata dia bisa membuat perut kita yang lapar jadi kenyang.

  1. Beli paket data atau kuota

Paket data habis tapi pas mau beli lagi, ternyata uang pas-pasan dan lagi hemat? Sekarang ada kok paket data atau kuota internet harian yang harganya kurang dari 10 ribu. Jadi, dengan 10 ribu ternyata sahabat sudah bisa berselancar di dunia maya dan aktif kembali di media sosial.

Berharga sekali kan uang 10 ribu?

  1. Liburan murah dengan jalan-jalan naik Transjakarta

Bosan di rumah? Coba sesekali ke luar rumah dengan berkeliling kota naik Transjakarta (bagi yang ada di wilayah Jabodetabek). Atau kalau sahabat di luar daerah Jabodetabek, coba naik kendaraan umum lainnya agar bisa berkeliling kota hanya dengan di dalam bus saja.

Harga Transjakarta sekali perjalanan hanya Rp3.500, pulang pergi kamu hanya butuh Rp7.000. Sisanya Rp3.000 bisa buat kamu jajan atau beli minum di jalan. Murah tapi menyenangkan bukan?

Tapi dengan catatan, kalau kamu menggunakan cara ini di masa pandemi, tetap hati-hati ya. Jangan gunakan cara ini saat jam sibuk atau padatnya orang berpergian. Pilih waktu santai dan pastikan sahabat mentaati protokol kesehatan.

  1. Nabung atau investasi untuk masa depan

Punya uang 10 ribu tapi kamu sendiri bingung dibuat untuk apa? Sekarang dengan uang 10 ribu kamu sudah bisa menabung. Simpan saja uang di celengan pribadimu, atau simpan di dompet digital yang kamu miliki. Bahkan, dengan 10 ribu juga sekarang ada yang sudah bisa menawarkan untuk investasi.

Alih-alih menggunakan untuk yang tidak penting, ditabung atau diinvestasikan saja. Kalau dalam sebulan kamu rutin melakukannya, dalam sebulan ada 300 ribu yang sudah kamu tabung, lho!

  1. Ikutan wakaf untuk Kebun Indonesia Berdaya di Subang

Mau dengan uang 10 ribu sahabat mendapat manfaat seumur hidup bahkan hingga di akhirat nanti? Nah, wakafkan saja uang tersebut.

Menurut pendapat ulama, wakaf adalah salah satu bentuk amal jariah. Dengan wakaf, amalan kita terus mengalir pahalanya sampai kita meninggal dan di akhirat nanti. Ini bisa terjadi karena wakaf adalah aset yang terus ada dan sampai kapanpun akan selalu dirawat oleh wakif atau nazir wakaf (pengelola wakaf).

Jangan salah, wakaf melalui uang sudah bisa dilakukan mulai dari uang 10 ribu rupiah. Bahkan, dengan uang 10 ribu ini kamu juga bisa ikut berwakaf untuk salah satu program aset wakaf produktif Dompet Dhuafa yaitu Kebun Indonesia Berdaya Subang.

Baca juga : Wakaf Produktif Umum

Sekilas Tentang Wakaf Kebun Indonesia Berdaya Subang Dompet Dhuafa

Kebun Indonesia Berdaya adalah program Dompet Dhuafa yang berada di wilayah Subang, Jawa Barat. Kebun ini merupakan kebun agrowisata sekaligus di dalamnya terdapat berbagai program untuk memberdayakan para petani lokal. Keberaadaan Indonesia Berdaya berhasil mencegah beberapa warga lokal untuk merantau ke kota dan tetap bisa meningkatkan taraf hidup keluarga walau masih di kampungnya sendiri.

Kebun dengan luas 10 hektar ini dibebaskan lahannya pada tahun 2014 dengan dana wakaf dari masyarakat dan dana zakat untuk berbagai program produktifnya. Sampai saat ini masih ada luas tanah yang masih ingin dibebaskan dan ditanami tumbuhan yang bernilai ekonomis. Hingga saat ini Kebun Indonesia Berdaya Subang, memproduksi buah Nanas, Naga, dan Jambu Krital.

Petani tidak hanya sekedar bekerja mengolah lahan, tapi juga ikut mendapatkan keuntungan. Apalagi Nanas adalah buah yang bernilai tinggi bagi komoditas di Subang.

Nah, mulai dari Rp10.000 sahabat sudah bisa berwakaf untuk pengembangan Kebun Indonesia Berdaya Subang. Tidak perlu ragu apalagi merasa kecil dengan jumlah tersebut, karena kalau kamu konsisten melakukannya, maka tabungan pahalamu lama-lama juga akan semakin meningkat. Siapa tahu ini juga jadi pintu rezeki dari Allah untukmu?

Gimana sahabat? Tertarik untuk mulai berwakaf?

Baca juga : Agroindustri Subang

Wakaf Sekarang

Berita Terbaru

Adakah Investasi Paling Menguntungkan?

Adakah Investasi Paling Menguntungkan?   Ingin memiliki keuntungan yang sebanyak-banyaknya adalah fitrah manusia. Manusia selalu menginginkan hal yang sebesar-besarnya dengan pengorbanan yang serendah-rendahnya. Termasuk dalam

Read More »

Yuk Wakaf