Khadijah Learning Center

Khadijah Learning Center berdiri diatas lahan seluas 2.300 m2 di kawasan Ciater, Bumi Serpong Damai (BSD). Sejak diwakafkannya lahan tersebut, Dompet Dhuafa berupaya membangun sarana pendidikan.

Sekolah non formal ini akan menjadi pusat belajar kewirausahaan khusus perempuan dan berbasis Wakaf Produktif Pendidikan. Peserta diprioritaskan untuk muslimah yang memiliki semangat berwirausaha namun kemampuan ekonominya terbatas.

Berbagai bidang keahlian ditawarkan kepada calon peserta didik seperti tata boga, tata rias, dan keahlian lainnya. Ini adalah salah satu ikhtiar Dompet Dhuafa menghasilkan figur pengusaha yang tangguh seperti Khadijah R.A (Istri Rasulullah SAW).

 

PERPADUAN PROGRAM UNTUK PENDIRIAN KHADIJAH LEARNING CENTER

Berdirinya Khadijah Learning Center adalah inspirasi dari berbagai program Dompet Dhuafa. Beberapa diantaranya adalah Sekolah SMART Ekselensia Dompet Dhuafa, Migran Institute, dan Institut Kemandirian.

Sekolah SMART Ekselensia menjadi program unggulan Dompet Dhuafa di sektor pendidikan. Sejak berdiri pada tahun 2004, sekolah ini tetap pada konsepnya yaitu hanya menerima murid laki-laki. Pada kesempatan yang berbeda, Dompet Dhuafa berkeinginan membuka kembali sekolah yang dikhususkan untuk perempuan.

Pada 2011, sebidang tanah di kawasan Ciater diwakafkan kepada Dompet Dhuafa. Terbuka jalan bagi Dompet Dhuafa merealisasikan impian mendirikan sekolah untuk perempuan. Siapa yang akan menjadi peserta didiknya?

Dompet Dhuafa memilih Buruh Migran Indonesia (BMI) yang pernah bersentuhan dengan program Migran Institute Dompet Dhuafa. Program yang memiliki cabang di Hong Kong, Jakarta, dan Surabaya ini memang sudah tidak ada. Namun saat perencanaan pembangunan Khadijah Learning Center, program ini masih berjalan dan menjadi salah satu inspirasi Khadijah Learning Center.

Alasan memilih perempuan Buruh Migran Indonesia (BMI) karena sebagian besar dari mereka kembali ke Indonesia tanpa keterampilan. Terlebih lagi, mereka memiliki problema di negara tempat bekerja hingga tidak membawa pundi-pundi lebih banyak untuk keluarga di Indonesia. Khadijah Learning Center berupaya mewadahi sisa-sisa semangat para perempuan BMI. Membuat hidupnya lebih mandiri untuk menghidupi keluarga yang sudah sempat ditinggalkan. Perempuan BMI yang menjadi inspirasi ini adalah mereka yang pernah ditangani oleh Migran Institute Dompet Dhuafa.

Peserta didik yang semuanya perempuan, menjadikan seluruh program harus sesuai dengan keterampilan perempuan pada umumnya. Khadijah Learning Center mengadaptasi berbagai program keputrian Institut Kemandirian yang semuanya sudah menelurkan wirausaha. Program belajar yang akan diadaptasi adalah kelas menjahit, kelas salon, dan beberapa lainnya seperti tata boga.

Perpaduan program dan berbagai sentuhan terbaru di Khadijah Learning Center, diharapkan akan memaksimalkan Dompet Dhuafa memberdayakan muslimah dan meningkatkan harkat mereka.

 

PELETAKAN BATU PERTAMA

Khadijah Learning Center diresmikan pembangunannya pada 15 Oktober 2017. Dihadiri langsung oleh Kepala Kelurahan Rawa Mekar Jaya, perwakilan warga setempat seperti RT/RW, dan beberapa donatur untuk pembangunan Khadijah Learning Center.

Pembangunan Khadijah Learning Center disambut dengan baik oleh pemerintah setempat. Bagi Kepala Kelurahan Rawa Mekar Jaya, Khadijah Learning Center bisa menjadi ikon di Rawa Mekar Jaya. Dalam sambutannya, ia akan menyampaikan tentang Khadijah Learning Center dalam pertemuan bersama Kepala Kecamatan.

 

LUAS KHADIJAH LEARNING CENTER

Luas Lahan 2.300 m2
Luas Bangunan 2.760 m2 (Tiga Bangunan. Masing-masing dua lantai)

 

LOKASI KHADIJAH LEARNING CENTER

Jl. Kencana V. Kelurahan Rawa Mekar Jaya, Kecamatan Serpong
Kota Tangerang Selatan.

 

DESAIN BANGUNAN KHADIJAH LEARNING CENTER (3D)

 

 

KABAR WAKAF

DONASI SEKARANG

atau melalui transfer bank:

 

Bank Mandiri 127.00.700.7000.6

 

BNI Syariah
BNI Syariah 700.7000.117

 

 

Wakaf Sekarang