Sudah tahu Wake Up! Wakaf?

Wake Up! Wakaf merupakan program terbaru Dompet Dhuafa di tahun 2019, sebagai upaya untuk mensosialisasikan wakaf di Indonesia. Sasaran utama dari Wake Up! Wakaf ini adalah generasi muda yang kini kian melek investasi dan peduli tentang isu kemanusiaan.

Mengapa memilih istilah Wake Up! Wakaf?

Sebelum itu, perlu tahu, pertumbuhan aset wakaf di Indonesia cukup tinggi. Namun, perolehan wakaf uang belum cukup untuk mengimbangi. Dampaknya, banyak aset wakaf yang berbentuk tanah dan bangunan tidak bisa produktif.

Data dari Kementerian Agama, menyebutkan jumlah tanah wakaf yang mencapai 161.579 hektar yang tersebar di 366.595 lokasi. Jumlah ini sudah dirasa cukup tinggi, padahal potensi luas tanah wakaf mencapai 420 ribu hektar.

Begitu juga dengan perolehan wakaf uang. Potensinya mencapainya Rp188 triliun per tahun, realisasinya hingga kini baru mencapai Rp400 miliar. Sedangkan wakaf uang adalah kunci untuk memproduktifkan aset wakaf yang tertidur.

Menyinggung soal “tertidur”, ternyata bukan hanya aset wakaf. Banyak orang yang masih tertidur dalam pemahaman wakaf. Tahu tentang Wakaf hanya sebatas 3 M, yakni Masjid, Makam, dan Madrasah (sekolah).

Adanya pemahaman tersebut juga menciptakan tiga mindset.  Pertama, wakaf adalah ibadah untuk orang kaya. Kedua, wakaf ditunaikan dalam bilangan yang besar. Kemudian memunculkan mindset Ketiga, “Berwakaf nanti saja lah,”, yang mengukuhkan orang untuk menunda wakaf.

Maka, dengan adanya Wake Up! Wakaf, diharapkan tidak ada lagi pemahaman 3 M untuk Wakaf di kalangan generasi muda. Sebab, kedepannya generasi muda yang akan memelihara apa yang sudah dan akan diperoleh untuk kebermanfaat orang banyak.

Setelah mengetahui Wake Up! Wakaf, jangan pernah takut untuk berwakaf dalam jumlah yang beragam. Jangan salah, hanya dengan Rp10.000,- kita bisa turut berkontribusi untuk membangun aset wakaf. Bayangkan, jika satu juta orang yang berdonasi, aset-aset wakaf akan terus bergerak dan memiliki fungsi dalam sektor pendidikan, perekonomian, juga dengan kesehatan.

 

Jadi, Yuk Wakaf!

Wakaf Sekarang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Facebook

Instagram