Bagaimana Caranya menjadi Bagian dari Gerakan Sejuta Wakif?

Gerakan Sejuta Wakif
Ilustrasi: Wakaf Dompet Dhuafa

TABUNG WAKAF – Seusai acara akbar Dompet Dhuafa, Indonesia Wakaf Summit 2016, muncul tagline yang mewarnai Wakaf Dompet Dhuafa yakni “Gerakan Sejuta Wakif“. Kemudian, banyak pihak yang merespon dari gerakan ini. Pertanyaan yang banyak diterima adalah “Bagaimana caranya menjadi bagian dari Gerakan Sejuta Wakif?

Ada hal yang harus diketahui, bahwa ini bukanlah komunitas. Jadi, tidak ada persyaratan khusus untuk masuk dalam bagiannya. Lantas, ini apa?

Gerakan Sejuta Wakif yang digaungkan setelah Indonesia Wakaf Summit 2016 adalah bentuk apreasiasi bagi donatur yang telah berwakaf untuk program Dompet Dhuafa. Maka, siapa saja yang pernah berwakaf di Dompet Dhuafa hingga nominal terkecil, telah menjadi bagian dari Gerakan Sejuta Wakif Dompet Dhuafa.

Bobby P. Manullang, General Manager Direktorat Mobilisasi Wakaf Dompet Dhuafa, mengatakan bahwa sebenarnya ada tiga peran dalam gerakan ini. Tiga diantaranya yang disebutkan yakni sebagai Donatur, Influencer, dan Fundraiser.

Gerakan Sejuta Wakif sebagai Donatur ini seperti apa yang selama ini sudah kita lakukan, yakni berwakaf uang atau aset kepada Dompet Dhuafa. Kemudian ada juga influencer, deretan nama influencer Gerakan Sejuta Wakif Dompet Dhuafa ini umumnya terdiri dari motivator yang sudah banyak dikenal.

Ada Mas Ippho Santosa dan Mas Jamil Azzaini sebagai influencer yang secara rutin turut mengedukasi tentang Wakaf Dompet Dhuafa,” kata Bobby.

Yang terakhir ada Fundraiser. Wakaf Dompet Dhuafa memiliki program khusus untuk edukasi Wakaf dengan sasaran kelompok tertentu. Orang-orang yang dijaring sebagai Fundraiser ini tergabung dalam Senior Waqf Consultant.

Pertemuan Senior Waqf Consultant terakhir diadakan pada 21 Desember 2018. Agenda tersebut terdiri dari presentasi dari Dompet Dhuafa terkait program wakaf terbaru dan laporan perkembangan program wakaf yang berjalan.

Jadi, jangan bingung lagi. Siapa saja yang berwakaf di Dompet Dhuafa, sudah menjadi bagian dari gerakan ini. (Tabung Wakaf/Mutia Rabbani Hanifah)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Facebook

Instagram