Sedekah Tanpa Uang

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

sedekah tanpa uangSahabat, banyak orang yang masih saja mengaitkan sedekah dengan sejumlah nominal uang, padahal Rasulullah shalallaahu ‘alaihi wassalam telah menjelaskan bahwa sedekah tak harus mengeluarkan uang atau harta benda lainnya.

Jika sedekah hanya bisa diberikan dalam bentuk uang atau harta berharga, bagaimanakah cara orang miskin bersedekah? Sedangkan untuk makan saja mereka merasa sulit, apalagi memberi harta yang tak dimilikinya, tentu tak bisa dilakukan.

Hal ini pernah ditanyakan oleh sebagian Sahabat Rasulullah dari kaum fakir, “Wahai Rasulullah, orang-orang kaya lebih banyak mendapat pahala, mereka mengerjakan shalat sebagaimana kami shalat, mereka berpuasa sebagaimana kami berpuasa, dan mereka bersedekah dengan kelebihan harta mereka.”

Rasulullah bersabda, “Bukankah Allah telah menjadikan bagi kamu sesuatu untuk bersedekah? Sesungguhnya tiap-tiap tasbih adalah sedekah, tiap-tiap tahmid adalah sedekah, tiap-tiap tahlil adalah sedekah, menyuruh kepada kebaikan adalah sedekah, mencegah kemungkaran adalah sedekah dan persetubuhan salah seorang di antara kamu (dengan istrinya) adalah sedekah.”

Mereka bertanya, “Wahai Rasulullah, apakah (jika) salah seorang di antara kami memenuhi syahwatnya, ia mendapat pahala?”

Rasulullah menjawab, “Tahukah engkau jika seseorang memenuhi syahwatnya pada yang haram, dia berdosa. Demikian pula jika ia memenuhi syahwatnya itu pada yang halal, ia mendapat pahala.” (HR. Muslim no. 2376)

Subhanallah. Betapa banyak sedekah yang dapat dilakukan tanpa perlu mengeluarkan uang sepeser pun, sehingga tak ada alasan sama sekali untuk tidak bersedekah setiap harinya.

Berikut ini daftar perbuatan yang dapat bernilai sedekah:

1. Tersenyum dan berwajah ceria

Selain dapat membuat wajah terlihat lebih muda, tersenyum juga memiliki nilai sedekah jika memang diniatkan untuk bersedekah atau membahagiakan orang lain.

“Senyummu terhadap saudaramu adalah sedekah.” (HR. Tirmidzi, no. 1956)

Oleh karena itu, jangan sekali-kali meremehkan senyuman atau wajah cerah ceria karena bisa jadi hal tersebut bernilai besar di hadapan Allah.

“Janganlah engkau meremehkan kebaikan sekecil apapun, walaupun itu hanya berupa wajah ceria di hadapan saudaramu!” (HR. Muslim, no.2626)

2. Berdzikir

Memperbanyak ucapan takbir, tahmid, tahlil, tasbih, dan istighfar merupakan bentuk sedekah bagi persendian kita. Maka dzikir-dzikir tersebut dapat bernilai sedekah jika diniatkan demikian.

“Sesungguhnya, setiap anak Adam diciptakan terdiri dari 360 persendian. Barangsiapa yang mengucapkan takbir, tahmid, tahlil, tasbih, dan istighfar kepada Alloh; menyingkirkan batu, duri, atau tulang yang menghalangi jalan manusia; dan beramar makruf nahi munkar; maka yang demikian itu dihitung setara dengan 360 persendian, karena sesungguhnya pada hari itu ia berjalan dalam keadaan menjauhkan dirinya dari api neraka.” (HR Muslim)

3. Mengucapkan salam

Jangan pernah pelit dalam mengucap salam, apalagi mempermainkannya dengan cara menyingkat ucapan salam menjadi suatu perkataan yang tak bermakna, terutama saat kita berkirim pesan elektronik.

Betapa banyak orang yang menyingkat salam menjadi “Ass”, “Askum”, ataupun singkatan lainnya yang justru buruk artinya.

Padahal mengucap dan menyebar salam pada sesama muslim merupakan sedekah yang luar biasa nilainya.

“Ucapan salam terhadap hamba Allah adalah sedekah…” (HR Ahmad dan Al-Albani menshahihkannya dalam As-Silsilah Ash-Shahihah)

4. Menanam tanaman

Siapa yang senang bercocok tanam? Ketahuilah bahkan menanam tanaman pun ternyata bernilai sedekah, bahkan sekalipun buah dari tanaman itu dicuri atau dimakan burung dan hewan lainnya.

“Tiada seorang Muslim yang menanam tanaman kecuali yang ia makan itu bernilai sedekah, yang dicuri bernilai sedekah, yang dimakan binatang buas bernilai sedekah dan yang dimakan burung juga bernilai sedekah. Begitu pula yang berkurang karena diminta oleh seseorang juga bernilai sedekah baginya.” (HR. Muslim)

5. Berkata yang baik

Sahabat, sungguh Allah amat pemurah, bahkan sekedar berkata-kata yang baik pun bisa terhitung sedekah.

Maka, mari biasakan memilih kata-kata yang baik dan menghindari ucapan kasar dan kotor sekalipun seluruh manusia di sekitar kita sudah terbiasa memenuhi mulutnya dengan perkataan buruk.

“Perkataan yang baik adalah sedekah.” (HR Muslim)

6. Setiap langkah menuju shalat

Apa yang membuat kita malas melangkah menuju tempat shalat? Ketahuilah bahwa setiap langkah kita menuju shalat terhitung sebagai sedekah.

“Setiap langkah yang engkau ayunkan menuju shalat adalah sedekah.” (HR. Muslim)

7. Menyingkirkan duri atau penghalang di jalan umum

“Menyingkirkan duri di jalan juga sedekah.” (HR. Muslim)

Pernahkah melihat paku di tengah jalan? Atau ranting pohon yang menghalangi jalan? Jangan sungkan untuk menyingkirkan berbagai penghalang di jalan umum karena hal tersebut juga dapat bernilai sedekah.

8. Menyuruh kebaikan

Banyak yang malas mengajak orang lain berbuat kebaikan, padahal hal tersebut bernilai sedekah. Misalkan, mengajak seseorang untuk shalat, ikut pengajian, memakan makanan yang halal thoyib, menganjurkan seseorang menikah, dan lain sebagainya.

“Menyuruh kepada kebaikan adalah sedekah.” (HR. Muslim)

9. Mencegah kemungkaran

Ada pula yang sungkan menegur orang lain yang berbuat kemungkaran, misalnya ada seseorang merokok di ruangan yang sama dengan bayi dan anak-anak, suruhlah orang tersebut untuk mematikan rokoknya. Dengan demikian kita telah melakukan sedekah.

Hal lainnya, mintalah kenalan kita yang suka berpakaian mini untuk memanjangkan rok dan bajunya agar lebih terlihat santun. Atau, hal-hal lainnya yang bersifat mencegah kemungkaran.

“Mencegah kemungkaran adalah sedekah.” (HR. Muslim)

10. Berhubungan intim dengan pasangan hidup

Bahkan menyalurkan syahwat pada pasangan yang halal pun bernilai sedekah. Oleh sebab itu, tak ada alasan untuk berbuat zina yang merupakan perbuatan keji.

Tentu saja tetap diperlukan adab-adab dalam berhubungan suami istri agar sama-sama memperoleh rahmat Allah.

“dan persetubuhan salah seorang di antara kamu (dengan istrinya) adalah sedekah.” (HR. Muslim)

Sahabat, demikianlah 10 contoh sedekah tanpa perlu mengeluarkan uang yang semoga saja dapat menginspirasi kita berbuat banyak kebaikan. Ternyata berbuat baik itu sederhana dan mudah dilakukan. Alangkah meruginya jika kita tetap saja menjadi manusia yang enggan bersedekah. Wallaahualam. (SH)

Wakaf Sekarang