Wakaf kini Punya Lapangan Futsal

Apa yang ada dibenak Anda jika mendengar kata “wakaf”? Sebagian besar orang akan menjawab pertanyaan ini dengan kata “kuburan”, “masjid”, atau “pesantren”. Tidak salah, karena memang demikian adanya. Namun, kini telah hadir sebuah lapangan futsal yang dibangun dengan sumberdaya wakaf, “DD Futsal” namanya.

Berangkat dari misi utama Tabung Wakaf Indonesia (TWI) dalam memproduktifkan sumberdaya wakaf di Indonesia, DD Futsal hadir sebagai lapangan futsal pertama yang dibangun dengan wakaf. Di atas lahan seluas 840 m2 di bilangan Jalan Menjangan Ciputat, DD Futsal dapat dinikmati masyarakat yang membutuhkan fasilitas olahraga futsal yang nyaman dan mengasyikkan sejak awal Februari 2012. Antusias masyarakat cukup besar akan hadirnya lapangan futsal ini mengingat kebutuhan berolahraga yang tinggi, dan belum adanya lapangan futsal yang nyaman di sekitar lokasi.

Sebagai aset wakaf produktif, DD Futsal tentunya juga bukan sembarang lapangan futsal. Setelah dikurangi biaya pengelolaan dan pemeliharaan, seluruh keuntungan DD Futsal akan disalurkan guna program pendidikan berkualitas bagi masyarakat dhuafa yang dijalankan oleh Dompet Dhuafa. Dengan demikian, seluruh pelanggan yang menyewa dan bermain di lapangan futsal ini otomatis telah bersedekah bagi kemajuan pendidikan mereka yang membutuhkan. Sehingga, bersama DD Futsal, pelanggan tidak hanya berkeringat dan sehat, tetapi juga berbagi untuk sesama.

Lapangan futsal yang dibangun dengan wakaf ini menjadi sebuah ikhtiar TWI dalam mengoptimalkan peran wakaf. Inilah skema pengelolaan wakaf yang produktif dan diharapkan mampu secara terus-menerus menjadi salah satu kontributor pendanaan program-program sosial yang ada. Alih-alih menjadi sebuah aset sosial yang terus membutuhkan pembiayaan, perlu ada pula aset wakaf yang menjadi profit center yang mendukung kesejahteraan umat.

Nah, dengan hadirnya DD Futsal, semoga wakaf kini tidak lagi hanya identik dengan kuburan dan masjid. Karena, wakaf pun kini ada yang berbentuk lapangan futsal. Semoga semakin banyak aset-aset wakaf lain yang produktif di masa depan untuk kebangkitan ekonomi umat dan hadirkan Indonesia penuh berkah.