Beginilah Cara Menghapus Dosa

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

menghapus dosaSahabat, jika dosa seperti noda yang bisa terlihat jelas oleh mata, tentu kita akan merasa jijik ketika melakukan dosa, dan sebisa mungkin ingin menghapusnya dari diri kita.

Syukurlah Allah yang Maha Pengasih dan Penyayang memberikan banyak amalan yang dapat menghapus dosa layaknya detergen untuk membersihkan noda di pakaian. Atau karbol untuk membersihkan kamar mandi.

Beberapa hal berikut ini bisa kita lakukan untuk menghapuskan dosa-dosa yang pernah dilakukan:

1. Menyempurnakan wudhu dan melangkah untuk mendirikan shalat

Sungguh sederhana cara menghapus dosa sekaligus menyehatkan dan membersihkan tubuh berikut ini, yakni dengan menyempurnakan rukun saat berwudhu, kemudian melangkahkan kaki untuk melaksanakan shalat. Di mana tiap langkah akan menghapus satu dosa:

“Jika seseorang berwudhu lalu menyempurnakan wudhunya kemudian berangkat sholat dengan niatan hanya untuk sholat, maka tidak melangkah satu langkah kecuali Allah angkat satu derajat dan hapus satu dosa.” (HR. Al Tirmidzi)

Selain wudhu, shalat memang merupakan sarana penghapus dosa yang Allah berikan pada kita minimal 5 waktu setiap harinya. Amatlah rugi orang yang meninggalkan shalat wajib, sudahlah kehilangan kesempatan menghapus dosa justru makin menambah tumpukan dosanya.

”Apa pendapat kalian sekiranya ada sungai di depan pintu salah seorang di antara kalian, dia mandi setiap hari 5 kali, apakah tersisa kotorannya? Mereka (para Sahabat) berkata: “Tidak tersisa dari kotorannya sedikit pun.”Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Itu seperti shalat lima waktu, menjadi sebab Allah hapus dosa-dosa.”(HR. Bukhari Muslim)

2. Meringankan pembayaran utang orang lain

Ada yang mempersulit orang lain ketika mereka memiliki utang yang jatuh tempo. Padahal dengan mempermudah orang yang kesulitan membayar utang, Allah akan memaafkan dan menghapus dosa kita.

“Dari Hudzaifah beliau berkata Allah memanggil seorang hambaNya yang Allah karuniai harta. Maka Allah berkata kepadanya: Apa yang kamu kerjakan didunia? Ia menjawab: Wahai Rabb kamu telah menganugerahkanku hartaMu lalu aku bermuamalah dengan orang-orang. Dan dahulu akhlakku adalah memaafkan, sehingga aku dahulu mempermudah orang yang mampu dan menunda pembayaran utang orang yang sulit membayar. Maka Allah berfirman: Aku lebih berhak darimu maka maafkanlah hambaKu ini.” (HR. Muslim)

3. Memberikan salam dan berkata baik

Saat ini banyak orang yang semakin bersifat individualis, untuk saling menyapa saja enggan, bahkan saling mengumpat dengan kata-kata kasar dianggapnya biasa saja.

Padahal Allah akan memberi ampunan setiap kita memberi salam dan berkata-kata yang baik.

“Sesungguhnya termasuk sebab mendapatkan ampunan adalah memberikan salam dan berkata baik.” (HR Al Kharaithi dalam Makarim Al Akhlak dan di-shahih-kan Al Albani dalam Silsilah Al Ahadits Al Shahihah, no.1035)

4. Bersabar ketika ditimpa musibah

Maukah dosa kita dihapus keseluruhannya sebagaimana bayi baru dilahirkan? Maka pujilah Allah dan berhusnudzon padaNya sekalipun ia sedang menguji kita dengan musibah yang sulit.

“Sesungguhnya Allah Azza Wa Jalla berfirman: Sungguh Aku bila menguji seorang hambaKu yang mukmin, lalu ia memujiku atas ujian yang aku timpakan kepadanya, maka ia bangkit dari tempat tidurnya tersebut bersih dari dosa seperti hari ibunya melahirkannya.” (HR Ahmad, dan dihasankan Al Albani dalam Silsilah Al Ahadits Al Shohihah no. 144)

5. Bersedekah untuk orang fakir

Sedekah merupakan amalan utama yang sudah pasti mampu menghapuskan kesalahan-kesalahan kita. Maka perbanyaklah sedekah baik yang sembunyi-sembunyi maupun terang-terangan:

“Jika kamu menampakkan sedekah(mu), maka itu adalah baik sekali. Dan jika kamu menyembunyikannya dan kamu berikan kepada orang-orang fakir, maka menyembunyikan itu lebih baik bagimu. Dan Allah akan menghapuskan dari kamu sebagian kesalahan-kesalahanmu; dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (QS. Al Baqarah: 271)

Rasulullah bahkan mengibaratkan dosa seperti api, dan sedekah merupakan air yang bisa memadamkannya.

“Shadaqah menghapus dosa seperti air memadamkan api.” (HR Ahmad, Al Tirmidzi dan selainnya dan di-shahih-kan Al Al Bani)

Sahabat, mengetahui berbagai amalan penghapus dosa ini, sudah semestinya kita manfaatkan dengan optimal yakni mengamalkan setiap harinya agar dosa-dosa kita tak makin berat dan berkarat. Wallaahualam. (SH)

Info Wakaf > Call Center: +62 21 741 6050 | SMS Center: +62 812 80 360 688 | PIN BBM: 28.739.E76

Tunaikan Wakaf anda melalui:

BCA 101.000.662.6699
BNI Syariah  009.153.8995
MANDIRI  101.000.662.6699

Muamalat 304.003.1667
a/n Yayasan Dompet Dhuafa

Wakaf Sekarang