Perbedaan Wakaf dan Infak Menurut Hadist

Mendengarkata Infak dan Wakaf pastilah sudah tidak asing di telinga kita. Meski tujuannya sama, yaitu menyumbangkan sedikit harta yang kita miliki, keduanya tentu memiliki perbedaan yang mendasar.

Sebelum menjelaskan lebih lanjut mengenai perbedaannya, ada baiknya kita perlu tahu dulu pengertian masing-masing. Yuk disimak wakaf lovers!

Baca Juga: ZISWAF: Zakat, Infak, Sedekah, dan Wakaf

Infak dan wakaf kedua-duanya merupakan perbuatan amal sholeh yang dilakukan oleh muslimin, seperti yang disampaikan Allah dalam surat Al-Fatir ayat 29-30 yang artinya:

“Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca kitab Allah dan mendirikan sholat dan menafkahkan sebagian rizki yang kami anugerahkan kepada mereka dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugi. Agar Allah menyempurnakan kepada mereka pahala mereka dan menambah kepada mereka dari karunia-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Pengempun lagi Maha Mensyukuri.”

Infak sejatinya adalah menafkahkan sebagian harta kita untuk kebaikan. Misalnya memberikan sebagian harta milik kita untuk membantu orang miskin, perkembangan islam dan lain-lain. Sedangkan wakaf adalah salah satu jenis dari infak/shodaqah tersebut.

Infak dan wakaf jug memiliki peranan dan pahala yang besar disisi Allah. Perbedaan diantara infak dan wakaf adalah pemanfaatan infak dalam sekali pakai. Seperti memberi makan orang miskin, membantu orang sakit, dll. Hal tersebut terhitung sekali dan mungkin bermanfaat hanya pada saat itu saja.

Sedangkan pemanfaatan wakaf untuk jangka panjang atau abadi, misalnya wakaf untuk mendirikan sekolah gratis, mendirikan rumah sakit gratis, dll. Para ulama menyamakan wakaf ini dengan shodaqah jariyah, yaitu shodaqah /infak yang pahalanya mengalir terus.

Baca Juga: Kisah Rasulullah, Bahagia Tanpa Nafkah

Seperti yang disebutkan dalam hadist riwayat Imam Muslim dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda:

“Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah segala amal perbuatannya, kecuali tiga: shadaqah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, dan anak sholeh yang mendoakannya.”

Alhamdulillah kita sudah mulai mengerti perbedaan antara infak dan wakaf. Jadi sudah siapkah wakaf lovers, berwakaf hari ini? Yuk salurkan dana wakaf Anda, melalui Tabung Wakaf Indonesia. (apb)

Wakaf Sekarang